CARA MEMBUAT CIWANG ACI BAWANG KHAS SUKABUMI

Resep Ciwang Aci Bawang Khas Sukabumi Kuah Bumbu Kacang Sambal Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Makanan ini terbuat dari aci kawung dan cara memasak ciwang (aci Bawang) yang memiliki nama lain Teci ini tidak susah dan tidak perlu memiliki keahlian khusus Master Chef dalam memasaknya sehingga para pemula atau yang baru belajar memasak sekalipun dapat membuatnya. Rasanya gurih, asin, manis dan pedas, pokoknya mantap dan nikmat banget apalagi teksturnya kenyal tapi lembut dan empuk serta lumer di mulut yang disukai anak-anak sampai orang dewasa.

Foto Resep Ciwang Khas Sukabumi Aci Bawang Kuah Bumbu Kacang Sambal Pedas Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Ciwang Aci Bawang Seledri



Aci sendiri adalah adonan yang terbuat dari tepung sagu dan dipadukan dengan bawang, ciwang sendiri tadinya dijadikan cemilan jajanan yang biasanya dijual dipinggiran jalan dan biasanya para penikmatinya kebanyakan para kalangan anak-anak. Namun seiringnya waktu sekarang ini sulit atau jarang kita temukan makanan yang satu ini.


Ciwang adalah salah satu jenis makanan jadul (jaman dulu) yang khas dari Sukabumi dan sekitarnya, asal usul dari makanan ini yaitu berasal dari singkatan aci bawang. Makanan Tradisional Sunda di Jawa Barat yang menjadi ciri Khas makanan kota Sukabumi karena keberadan ciwang ini hanya banyak dijumpai di kota Sukabumi dan sekitarnya termasuk di Cianjur dan mungkin ada di Bandung juga.

Cara pembuatannya pun sangat sederhana yaitu : Saring aci kawung lalu dicampur dengan garam dan tambahkan air sambil diaduk, kemudian masak adonan sambil terus diaduk jangan sampai menggumpal dan lalukan terus menerus sampai mendidih, lalu haluskan semua bahan bumbu kacang seperti kacang tanah yang sudah ( digoreng), bawang putih, cabe rawit, garam, gula pasir dan jangan lupa diberi air secukupnya, kemudian setelah dingin potong-potong lalu sajikan dengan taburan bawang goreng serta irisan daun seledri dan sambel kacang. Beikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi aci bawang (CIWANG) bumbu saus kuah kacang pedas yang lezat sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis jajanan cemilan khas Sunda, Bandung, Jawa Barat.

RESEP CIWANG ACI BAWANG


BAHAN :
  • 250 gram tepung sagu aren / aci kawung
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 500 ml air dingin
BAHAN BUMBU KUAH SAUS SAMBAL KACANG :
  • 1 ons kacang tanah yang sudah digoreng
  • 7 buah cabe rawit goreng
  • 1 siung besar bawang putih goreng
  • 1 siung besar bawang merah goreng
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula
BAHAN TABURAN (TOPPING) :
  • 3 siung bawang merah yang sudah digoreng
  • 2 helai seledri iris halus
  • 1 helai daun bawang iris halus
CARA MEMBUAT CIWANG ACI BAWANG :
  1. Campurkan aci kawung, penyedap rasa serta garam dan diaduk sampai merata, lalu masak adonan dengan menggunakan api kecil sembari diaduk sampai matang.
  2. Siapkan wadah lalu masukkan adonan yang sudah matang ke dalamnya dan biarkan adonan sampai mengeras dan dingin.
  3. Setelah itu potong-potong adonan lalu taburi daun seledri serta bawang goreng.
  4. Cara Membuat Saus Kacang Ciwang : goreng kacang tanah hingga warna kecoklatan lalu ulek atau blender kacang tanah, cabe, bawang, dan irisan daun jeruk. Lalu masak kembali dan tambahkan air, gula jawa, garam dan masako sesuai selera. Setelah matang lalu angkat.
  5. Ciwang siap untuk dinikmati bersama dengan saus sambal kacang/bumbu kacang/kuah kacang.
  6. Sajikan.

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT CIWANG ACI BAWANG KHAS SUKABUMI"