CARA MEMBUAT RUJAK JAMBU KRISTAL PINGGIR JALAN VIRAL

Resep Rujak Jambu Kristal Viral Kekinian Rasa Pinggir Jalan Sederhana Spesial Asli Enak. Jambu kristal terdiri dari dua jenis, yaitu yang daging buahnya berwarna merah muda atau pink disebut jambu kristal merah dan yang satunya berwarna putih yang disebut jambu kristal putih. Mana yang lebih enak?. Menurut Admin Carabuatresep tergantung diolah atau dibuat apa. Misalnya kalau jambu biji warna merah selain dimakan langsung cocok juga dibuat jus atau minuman segar karena lebih banyak mengandung air kalau jambu biji warna putih cocoknya dimakan langsung dan dibuat rujak atau asinan karena teksturnya yang renyah sedikit air dan rasanya manis.

Foto Resep Rujak Jambu Kristal Viral Kekinian Rasa Pinggir Jalan Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Rujak Jambu Kristal Cup



Jambu kristal (Psidium guajava) adalah varietas jambu biji yang sekarang banyak digemari masyarakat Indonesia. Jambu kristal yang dalam bahasa Inggris disebut Guava ini sangat unik namanya jambu biji tapi tanpa biji atau nyaris tidak ada biji di dalamnya berbeda dengan jambu Bangkok bentuknya besar tapi masih ada biji atau sedikit biji. Itulah kelebihan jambu kristal besar banyak daging buah ini. Ya mungkin jambu ini juga dinamai jambu kristal Bangkok karena sesuatu buah yang ukurannya besar berasal dari Bangkok, Thailand.

Jambu kristal mempunyai bentuk bulat atau agak lonjong dengan dasar bergelombang, ada juga yang rata tergantung varietasnya. Warna kulitnya hijau muda terang berlapiskan lilin di kulitnya. Daging buahnya berwarna putih bersih dan jernih, sangat tebal, renyah dan menjadi sedikit lunak sejalan dengan kematangan buah. Bobot buah rata rata 300 gram bahkan ada yang mencapai 800 gram.

Keunggulan jambu cristal yang paling istimewa adalah jumlah bijinya yang kurang dari 3 persen bagian buah yang tidak didapat pada jambu biji jenis manapun. Buah yang satu ini selain manis dan menyegarkan juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, misalnya kandungan vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, antitumor, antioksidan, dan antiperadangan, serta mampu mencegah penuaan dini.

Sedangkan untuk memperoleh jambu kristal ini pun sangatlah mudah. Seperti di beberapa wilayah Kabupaten Bogor yaitu Kecamatan Rancabungur dan Kecamatan Caringin yang menjadikan jambu kristal sebagai salah satu komoditas unggulan.

Jambu Kristal merupakan salah satu hasil percobaan pengembangan dari Jambu Biji. Jambu biji yang agak kurang diminati karena rasanya yang sepat serta terdapat banyak biji tersebut telah melewati berbagai rekayasa genetika untuk menghasilkan Jambu Kristal.

Jambu kristal merupakan salah satu jenis jambu yang memiliki biji lebih sedikit, namun tekstur buahnya lebih renyah. Meskipun keberadaannya dikenal luas, namun banyak juga yang belum tahu manfaat sepenuhnya buah yang satu ini. Tidak hanya kaya akan vitamin C, jambu kristal juga dikenal karena kandungan seratnya yang tinggi sehingga baik untuk menjaga sistem pencernaan.

Berikut cara menanam jambu kristal dengan mudah, bisa dijadikan komoditas perdagangan atau bisa juga untuk dikonsumsi sendiri;
  1. Pahami Syarat Tumbuh. Tanaman jambu kristal suka hidup di lingkungan beriklim tropis seperti Indonesia. Kelembaban yang cukup tinggi berkisar 70% hingga 90% cocok dengan tanaman ini. Tanaman ini bisa ditanam pada daratan dengan ketinggian 50 hingga 1000 mdpl. Suhu terendah daerah tersebut tidak boleh melebihi 15°C dan suku maksimalnya tidak melebihi 34°C. Tanah lempung bertekstur liat dan agak berpasir dengan pH rata-rata 4,5 hingga 8,2 merupakan lahan yang sesuai untuk pertumbuhan Jambu Kristal.
  2. Persiapan Bibit. Bibit yang bagus adalah bibit dengan ciri batangnya yang kuat, tumbuhan tidak kerdil, daunnya rimbun dan tidak terdapat penyakit atau hama. Biasanya bibit yang dihasilkan dari proses cangkok atau okulasi memiliki kualitas yang lebih menjanjikan dibanding bibit yang dikembangbiakkan dari biji. Pilih bibit yang bagus dan tingginya antara 50 hingga 100 cm.
  3. Penanaman. Tanaman Jambu Kristal bisa ditanam di lahan khusus. Namun, jika tidak memiliki lahan, tanaman juga bisa dikembangbiakkan di dalam pot atau polybag. Berikut cara penanamannya. Siapkan lahan yang telah diberikan lubang selama 2 minggu sebelum bibit ditanam. Biarkan lahan tersebut terpapar sinar matahari selama 7 hari. Tambahkan pupuk pada sepetiga bagian lubang dan biarkan selama 3 hari hingga bibit jambu kristal ditanam. Siram hingga tanah lembab namun sirkulasi air tetap terjaga.
  4. Perawatan dan Pemeliharaan. Penyiraman tanaman bisa dilakukan satu kali sehari di cuaca panas. Pastikan daerah sekitar akar tetap lembab. Bila sedang musim penghujan, penyiraman bisa dihentikan asal daerah akar masih lembab. Pemberian pupuk bisa diberikan saat bibit tanaman mencapai usia 3 bulan. Campuran pupuk yang digunakan adalah 20 gram ZK, 100 gram Urea, 50 kilogram TSP dan 40 kilogram pupuk kandang. Campuran pupuk ini kemudian ditaburkan di sekeliling pohon. Untuk pemupukan pada lahan atau area yang kecil dapat digunakan campuran yang lebih sedikit dengan persentase yang sama. Cabut gulma dan rumput-rumput liar yang ikut tumbuh bersama Jambu Kristal setiap 1 atau 2 bulan sekali. Bila ingin pembersihan yang lebih efektif hingga ke akarnya, bisa dilakukan dengan teknik cangkul. Untuk memastikan pohon tumbuh dengan kuat, jangan biarkan pohon berbuah terlebih dahulu dalam 1 tahun pertama. Lakukan pemangkasan pada pohon agar pohon tidak tumbuh lebih dari 2 meter. Hal ini dilakukan supaya pohon lebih produktif ke samping dan memudahkan proses pembungkusan buah.
Panen. Masa panen terdiri dari dua masa, yaitu Pra Panen dan Panen. Sebaiknya hindari melakukan pengeraman buah karena rasanya akan berbeda dengan yang matang di pohon. Berikut ini adalah tahapan Pra Panen dan Panen yang harus Anda lakukan :

Masa Pra Panen
Sebelum dilakukan panen buah, buah yang sudah muncul sebaiknya dibungkus terlebih dahulu. Pembungkusan buah ini ditujukan untuk melindungi buah dari serangan hama dan penyakit. Sehingga, buah yang dihasilkan bisa lebih maksimal. Pembungkusan buah dapat dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan plastik maupun menggunakan kertas. Namun, penggunaan kertas akan lebih sulit dalam memperkirakan buah sudah matang atau belum. Selain itu, teknik pembungkusan dengan kertas membuat lalat buah lebih mudah masuk.

Masa Panen
Ketika buah sudah matang, buah sudah bisa dipanen. Proses panen buah sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Hal ini disebabkan karena terik matahari dapat mempengaruhi kondisi buah yang dipanen saat itu. Buah juga harus ditata rapi saat proses pengangkutan, bila perlu juga diberikan kertas agar kondisi buah tetap baik dan tidak memar yang bisa membuat buah lebih cepat membusuk.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati kelezatan dari jambu kristal ini, antara lain :
  1. Langsung dimakan begitu saja tanpa diolah
  2. Dibuat menjadi jus
  3. Menjadi campuran dalam asinan buah lengkap
  4. dibuat asinan buah
  5. Dibuat manisan
  6. Dibuat rujak buah
Berikut ini adalah beberapa manfaat tersebut yang perlu anda ketahui :
  1. Baik untuk penderita diare. Manfaat jambu kristal memiliki serat yang tinggi, dan juga jambu Kristal mengandung senyawa yang bernama astringents. Senyawa astringents ini ternyata merupakan salah satu pelaku yang dapat membunuh bakteri yang menjadi penyabab kemunculan penyakit diare.
  2. Mencegah sulit buang air besar atau sembelit dan baik untuk pencernaan. Jambu Kristal memilkki kandungan serat yang tinggi. Dengan tingginya serat yang dimiliki oleh jambu Kristal ini, maka pastinya sembelit dan sulit buang air besar yang anda alami dalam tuntas, karena salah satu faktor yang menyebabkan gangguan sembelit ini adalah kurangnya serat di dalam tubuh.
  3. Mengobati batuk dan flu. Manfaat jambu kristal bagi kesehatan sangat baik untuk mengurangi lendir di tenggorokan. Selain itu, jambu kristal sendiri juga dapat menjadi menghambat aktivitas kuman dan mikroba yang menyebabkan batuk flu yang anda alami.
  4. Menjaga kesehatan kulit. Buah jambu Kristal merupakan salah satu jenis buah yang juga memiliki banyak kandungan vitamin E. Tentu saja vitamin E ini manfaatnya sangat baik, terutama bagi kesehatan kulit. Vitamin E dapat membantu : Mencegah kulit kering dan bersisik, Mengangkat sel kulit mati, Mencerahkan wajah, Menutrisi kulit dari dalam, Menjaga kelembaban kulit
  5. Baik untuk kesehatan tulang. Ternyata buah-buahan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang. Salah satunya adalah buah jambu kristal ini, karena memiliki kandungan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang.
  6. Mengobati dan mencegah sariawan. Vitamin C yang ada pada buah jambu kristal pastinya akan sangat efektif untuk mencegah dan juga mengobati sariawan yang anda alami.
  7. Baik untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat jambu kristal memiliki kandungan vitamin A yang juga cukup tinggi. Vitamin A, selain dapat menjaga daya tahan tubuh, juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Ini akan membantu anda dalam mencegah dan juga mengobati berbagai macam gangguan mata, seperti : Rabun jauh, Rabun dekat, Silindris, Rabun ayam.
  8. Sebagai sumber zat anti oksidan. Jambu Kristal juga memiliki manfaat yang sangat baik sebagai salah satu zat antioksidan. Antioksidan yang terdapat pada jambu Kristal ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang menjadi biang keladi dari berbagai macam penyakit, seperti kanker dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, radikal bebas juga berperan dalam tejadinya proses penuaan dini, terutama yang terjadi pada area kulit.
  9. Mencegah infeksi dan juga virus. Berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang ada pada buah jambu kristal ini memiliki sifat yang sangat penting sebagai anti bakteri, anti infeksi dan juga anti peradangan. Itu artinya, buah jambu Kristal baik untuk mencegah berbagai macam gangguan kesehatan yang berhubungan dengan infeksi, peradangan dan juga virus di dalam tubuh.
  10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Resep rujak jambu kristal pinggir jalan rasanya memang enak tapi lebih enak lagi kalau Anda buat sendiri di rumah dengan berbagai resep yang unik dan khas, misalnya rujak jambu kristal dengan bumbu kering atau bumbu tabur pedas, seperti resep jambu kristal bon cabe atau pakai cabe bubuk atau pakai resep rujak jambu kristal bumbu basah dengan gula merah atau gula aren dengan kombinasi kacang tanah sangrai atau kacang tanah goreng yang dikenal dengan rujak jambu kristal bumbu kacang. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi rujak jambu crystal cup sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis jual rujak buah pakai gerobak di pinggir jalan kaki lima. Anda bisa kembangkan pasar ke seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Ibu kota terdekat Jakarta, dan kota-besar dulu seperti, Bandung, Surabaya, Semarang, Samarinda, Palembang, Tasikmalaya, Bengkulu, Padang, Medan, Manado, Cirebon, Sumedang, Garut, Cianjur, Ciamis, Bali Denpasar, Jogja, Yogyakarta, Banten, dll. Dengan harga murah meriah dan kualitas bagus pasti laris manis karena banyak yang suka rujak buah apalagi kalau divariasikan dengan rujak buah-buahan lainnya dan bisa campur dijamin disukai dan diminati oleh pelanggan.

RESEP RUJAK JAMBU KRISTAL PUTIH


BAHAN :
  • 2 buah jambu kristal putih segar
  • 4 sdm gula aren bubuk atau gula palm bubuk
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdt bubuk cabai atau cabe bubuk (boleh pakai bon cabe instan merk Bon Cabe level 30 super pedas)
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt terasi bakar
CARA MEMBUAT RUJAK JAMBU KRISTAL :
  1. Cuci bersih jambu kristal dan potong-potong sesuai selera.
  2. Campur bahan kecuali jambu kristal. Aduk sampai tercampur rata.
  3. Siap disajikan bersama potongan jambu kristal.
  4. Sajikan.
CATATAN :
  • Kalau tidak punya gula palem (palm sugar) ayau gula aren bubuk bisa diganti pakai gula merah atau gula Jawa yang disisir halus.

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT RUJAK JAMBU KRISTAL PINGGIR JALAN VIRAL"