CARA MEMBUAT GUMMY BEAR (PERMEN JELI BERUANG)

Resep Gummy Bear Jelly Yupi Kenyal Sederhana Spesial Asli Enak. Ternyata kita bisa bikin olahan gummy bear sendiri di rumah, dan ternyata bikin olahan masakan dari permen jelly gummy bear atau permen jeli beruang yang lembut dan empuk tidak perlu kompor dan cuma butuh 2-3 bahan saja tanpa ribet.

Foto Resep Gummy Bear Jelly Yupi Kenyal Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Gummy Bear Jelly Warna Warni



Anda pasti sudah tak asing lagi resep dengan gummy bear permen jelly bentuk beruang. Soalnya, camilan yang satu ini bukan cuma disukai oleh anak-anak kecil, tapi juga orang dewasa karena rasanya yang manis dan teksturnya kenyal mirip permen yupi jelly (candy).

Baca Juga :


Gummy bear merupakan sebutan permen kenyal bening berbentuk beruang warna-warni, merah, kuning, hijau, biru. Gummy bear terbuat dari gelatin sehingga teksturnya kenyal dan lentur seperti jelly yupi. Namun kini juga dibuat perhiasan dan aksesoris, seperti kalung (necklace), gelang, gantungan kunci, maninan anak, aesthetic gummy bear, dll.

Menurut situs Wikipedia. Gummibär atau Gummibären (Beruang Gummi) adalah sejenis penganan manis yang berasal dari Jerman. Penganan ini dibuat pertama kali pada tahun 1922 di daerah Kessenic (Bonn), di dapur seorang pembuat kue bernama Hans Rigel yang memiliki perusahaan Haribo. Beruang Gummi yang terbuat dari gelatin manis berasa buah menjadi semakin terkenal di seluruh dunia dan mulai diekspor ke berbagai negara, termasuk di Amerika Serikat tahun 1982. Beruang Gummi diproduksi dalam 5 jenis warna yakni putih, hijau, kuning, jingga, dan merah yang menandakan rasa dan warna nanas, stroberi, lemon, jeruk dan rasberi. Namun kini ada perusahaan permen yang telah mengembangkan gummy bears 12 rasa dan 12 warna.

Pertama kali dibuat di Jerman, gummy bear alias permen jelly beruang telah ada selama hampir 100 tahun. Melansir Mashed, Haribo adalah perusahaan pertama yang membuat permen gelatin gummy bears candy ini. Kini kamu pun bisa membuat sendiri gummy bear, hanya butuh gelatin dan air dingin. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi gummy bear seperti dikutip dari The Spruce Eats sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis permen, gula-gula atau manisan.

RESEP GUMMY BEAR


BAHAN :
  • 85 gram gelatin aneka rasa
  • 1 sachet gelatin biasa
  • 1/3 cup air dingin
  • 1/4 sdt asam sitrat untuk gummy bear asam (opsional)
CARA MEMBUAT GUMMY BEAR :
  1. Semprot tisu makan dengan cooking spray. Oleskan pada cetakan beruang. Perlahan saja asal lapisan minyak sudah menempel.
  2. Siapkan mangkuk tahan panas, masukkan gelatin rasa dan gelatin biasa.
  3. Tuangkan air dingin. Aduk rata. Diamkan pada suhu ruang selama sekitar 10 menit. Hal ini bertujuan agar gelatin menyerap air dan menjadi kenyal.
  4. Masukkan mangkuk berisi gelatin ke microwave, masak selama 30 detik. Aduk rata. Masukkan lagi ke microwave, masak 30 detik dan aduk. Gula dalam gelatin akan larut dan gelatin menjadi mudah dicampur. Microwave lagi selama 10-15 detik sampai gula larut sempurna. Tuangkan gelatin ke gelas takar, pakai bantuan spatula. Ambil cetakan beruang. Tuang gelatin ke dalam cetakan.
  5. Masukkan cetakan ke dalam kulkas selama 20 menit sampai gelatin menjadi padat. Keluarkan gummy bear dari cetakan. Dorong pinggir cetakan ke arah tengah, tarik ke atas sampai gummy bear keluar. Gummy bear bisa disimpan dalam wadah kedap udara.
  6. Masukkan dalam kulkas atau suhu ruang. Bisa awet sampai beberapa minggu.
  7. Sajikan.

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT GUMMY BEAR (PERMEN JELI BERUANG)"