CARA MEMBUAT ES DAWET IRENG (HITAM) KHAS PURWOREJO

Resep Es Dawet Ireng Hitam Khas Purworejo Sederhana Spesial Asli Enak. Minuman es dawet hitam ala Purworejo ini berwarna hitam (black). Warna hitam pada cendol ini berasal dari warna bahan alami yang diambil dari jerami batang padi yang dibakar. Wow menarik Sangat tradisional dan keren banget minuman segar ekonomis harga murah-meriah ini.

Foto Resep Es Dawet Ireng Hitam Khas Purworejo Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Es Dawet Hitam Ireng Khas Purworejo

Menurut situs Wikipedia. Dawet Ireng adalah es cendol yang berasal dari daerah Butuh, Purworejo, Jawa Tengah. Kata ireng dari bahasa Jawa berarti hitam. Butiran dawet berwarna hitam, karena diperoleh dari abu bakar jerami yang dicampur dengan air sehingga menghasilkan air berwarna hitam. Air ini kemudian digunakan sebagai pewarna dawet.

Baca Juga :

Resep Es Dawet Ayu

Dawet ini memiliki keunikan yaitu penyajian dawet yang jumlah dawetnya jauh lebih banyak dibanding kuahnya (santan ditambah air gula). Hal unik lainya, santan biasa diperas langsung dari bungkusan serabut kelapa.

Bahan dawet ireng ini tidak terlalu berbeda dengan cendol lainnya, minuman ini berbahan utama tepung beras. Pewarna hitam diperolah dari jerami (bahasa Jawa: merang) yang dibakar.

Sedangkan untuk kuah sama dengan cendol lainnya, yaitu dari santan kelapa dengan pemanis gula jawa dan penyedap daun pandan.

Penyajian es dawet ireng ini umumnya disajikan menggunakan mangkuk atau gelas besar dan diberi es sebagai minuman penyegar.

Apa itu dawet ireng? Dawet ireng atau dawat hitam/item adalah minuman berjenis dawet tetapi dengan cendol yang berwarna hitam legam. Menurut saya sangat cocok dijadikan teman makan burger hitam atau black burger yang nanti akan Kita share di blog resep no.1 di Indonesia Carabuatresep. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi dawet hitam ireng dalam bahasa Jawa sajian sedap istimewa yang dilengkapi dengan tutorial cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis es gerobak keliling atau mangkal kaki lima dengan harga murah meriah pasti laris manis.

RESEP DAWET HITAM (IRENG)


BAHAN CENDOL :
  • 650 ml air
  • 2 ikat merang (batang padi yang kering). Untuk pewarna agar hitam
  • 75 gram tepung sagu
BAHAN KUAH :
  • 1 liter santan dari1 butir kelapa parut
  • 1/2 sdt garam
BAHAN SIROP GULA MERAH :
  • 250 gram gula merah
  • 150 ml air
BAHAN PELENGKAP :
  • Tape ketan
  • 5 mata nangka, buang bijinya, potong kecil (untuk pengharum)
CARA MEMBUAT ES DAWET IRENG HITAM :
  1. Cara Membuat Pewarna Cendol Dawet Hitam Ireng : Batang padi di bakar, dicampur air matang lalu diperas.
  2. Cara Membuat Cendol Dawet Ireng Hitam : Campurkan tepung sagu dengan 200 ml air bersama pewarna lalu dimasak sampai mendidih sambil aduk cepat hingga kental dan matang. Angkat. Siapkan cetakan dawet, taruh di atas baskom berisi air es. Tuangkan adonan panas ke atas cetakan, gosok-gosok hingga butiran dawet jatuh ke baskom. Tiriskan, rendam dalam air matang dingin. Sisihkan.
  3. Cara Membuat Kuah Es Dawet Ireng Hitam : Rebus santan bersama semua bahan hingga mendidih. Angkat, dinginkan.
  4. Cara Membuat Sirop Gula Merah : Rebus gula merah dan air hingga mendidih dan kental. Angkat, saring. Untuk selera beri nangka atau bisa tambah tape ketan, dinginkan.
  5. Cara Penyajian Es Dawet Ireng Hitam : Taruh cendol di gelas-gelas saji. Beri sirop gula merah berikut nangka dan tape, tuangi santan dan beri es batu.
  6. Sajikan.

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT ES DAWET IRENG (HITAM) KHAS PURWOREJO"