CARA MEMBUAT TELUR ASIN DENGAN ABU GOSOK DAN GARAM

Resep Telur Asin Dengan Abu Gosok dan Garam Sederhana Spesial Asli Enak. Cara membuat telur asin dalam bahasa Inggris adalah how to make salted egg. Sebenarnya pembuatan telor asin pakai serbuk atau bubuk baik itu abu gosok, masir berminyak maupun batu bata merah itu cara - cara tradisional. Sekarang ada cara membuat telur asin kekinian tanpa abu gosok, tanpa batu bata, tanpa masir, dll. Yaitu dengan resep telur asin berbumbu rempah-rempah seperti telur asin bawang putih dan telur asin aneka rasa lainnya dan ada lagi dengan cara membuat telur asin topples atau stoples yang lebih praktis dan gampang banget serta lebih modern.

Foto Resep Telur Asin Dengan Abu Gosok dan Garam Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Telur Asin Dengan Abu Gosok dan Garam



Fungsi abu gosok dalam pembuatan telur asin adalah sebagai media pembaluran agar garam cepat meresap melalui pori-pori telor sama halnya dengan serbuk bata merah. Ada banyak cara membuat telur asin namun katanya yang terbaik adalah menggunakan sekam padi karena hasilnya lebih bagus dan berkualitas serta rasanya enak.

Baca Juga :


Menurut situs Wikipedia. Telur asin adalah istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan (diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak). Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik, meski tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lain, seperti telur bebek, telur angsa atau soang, telur ayam, telur ayam kampung, telur itik, telur burung puyuh, dll.

Di Indonesia, terutama di pulau Jawa telur asin biasanya diproduksi dari telur bebek pelari (Anas platyrhynchos domesticus) yang memiliki ciri khas cangkang telur yang berwarna kebiru-biruan.

Panganan ini bersifat praktis dan dapat dipadukan dengan berbagai masakan misalnya nasi jamblang, dan nasi lengko, bahkan dapat pula dimakan tanpa nasi. Nelayan yang melaut atau orang yang bepergian untuk waktu lama biasa membawa telur asin untuk bekal.

Di Jawa Tengah, daerah Brebes dikenal sebagai penghasil utama telur asin. Industri telur asin di Brebes cukup meluas hingga tersedia berbagai pilihan kualitas telur asin. Masing-masing produsen memiliki cap sendiri-sendiri yang biasanya dapat dilihat pada kulit telur. Walaupun selera orang berbeda-beda, telur asin yang dinilai berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri bagian kuning telur berwarna jingga terang hingga kemerahan, "kering" (jika digigit tidak mengeluarkan cairan), tidak menimbulkan bau amis, dan rasa asin tidak menyengat.

Di Jawa Timur juga mulai banyak penjual yang menjual berbagai macam jenis telur asin, mulai dari telur asin rasa original sampai telur asin dengan berbagai macam rasa, ada juga telur asin yang warna kuningnya kemerah-merahan, ada juga telur asin organik dan telur asin herbal yang mulai ramai produksi di Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi.

Langkah-langkah proses pembuatan telur asin gurih dengan abu gosok dan air garam ini ternyata gampang banget dan tidak terlalu rumit, apalagi prospek bisnisnya yang cerah. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi telur asin dengan abu gosok dan garam saja sudah lezat sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis telur asin aneka rasa dan aneka telur atau telor asin, seperti telur ayam, telur itik, telur bebek, telur puyuh, dan telur-telur asin lainnya.

RESEP TELUR ASIN ABU GOSOK DAN GARAM


BAHAN :
  • 12 butir telur bebek kualitas terbaik, cuci bersih, keringkan
  • Air secukupnya, untuk mencuci dan merebus
BAHAN LAPISAN ABU GOSOK :
  • 1 kg abu gosok
  • 500 gram garam dapur (garam kotak/garam krasak)
  • 100 ml air
CARA MEMBUAT TELUR ASIN DENGAN ABU GOSOK DAN GARAM :
  1. Lapisan Abu gosok: Campur abu gosok dan garam, tuang air sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk hingga rata.
  2. Bungkus telur dengan adonan lapisan hingga merata keseluruh permukaan telur hingga setebal ± 1-2 mm.
  3. Simpan telur yang sudah dibungkus dengan bahan lapisan ke dalam ember atau wadah platik atau kuali selama 15 – 20 hari. Bersihkan lapisan abu gosok dan cuci telur.
  4. Rebus telur asin dengan api kecil hingga matang selama ± 1 ½ jam. Matikan api, angkat dan tiriskan telur.
  5. Sajikan sebagai lauk.

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT TELUR ASIN DENGAN ABU GOSOK DAN GARAM"