FAQ | Tanya Jawab Masalah Registrasi AKUN LTMPT 2022

Tanya Jawab Masalah Registrasi AKUN LTMPT 2022

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai masalah-masalah yang muncul saat registrasi atau pendaftaran akun LTMPT 2022 yang sering dialami oleh teman-teman beserta dengan solusinya. 

Sosilisasi penerimaan mahasiswa baru 2022 telah dilaksanakan oleh pihak LTMPT, dengan begitu maka Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT pun akan segera menyelenggarakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yaitu SNMPTN 2022 dan SBMPTN 2022. Ketua LTMPT, Bapak Mochamad Ashari menjelaskan bahwa untuk dapat  mengikutii seleksi masuk PTN jalur SNMPTN dan SBMPTN, para siswa diwajibkan untuk melakukan registrasi akun LTMPT terlebih dahulu. 

Tanya Jawab Masalah Registrasi Akun LTMPT 2022

1. Bagaimana jika tidak menerima email aktivasi?

Silahkan teman-teman periksa kotak masuk atau spam pada email yang didaftarkan. Pastikan teman-teman menggunakan aku googlemail ya selama mendaftar. Untuk masalah ini, biasanya disebabkan beberapa hal seperti typo dalam menuliskan email, banyak yang akses, atau email yang didaftarkan sudah tidak aktif. Solusinya adalah:
  • Saat mendaftar, tulis email dengan huruf pertamanya adalah huruf kapital. Sebagai contoh email kalian adalah adminkelaskuntansi@gmail.com maka saat mendaftar tulis emang menjadi "Adminkelasakuntansi@gmail.com". Setelah itu coba cek inbox atau spam di email kalian.
  • Solusi yang kedua, daftarkan ulang dengan yang baru di buat jika memang dalam waktu 1x24 jam belum mendapatkan email aktivasi dari LTMPT.

2. Bagaimana jika terjadi kesalahan data siswa?

Kendala mengenai NISN atau data siswa dapat diselesaikan melalui PUSDATIN Kemdikbud dan PENDIS Kemenag. Silahkan teman-teman dapat menghubungi pihak sekolah terkait masalah perbaikan data.

3. Bagaimana cara aktivasi akun email LTMPT?

Silahkan login ke akun email teman-teman. Biasanya, email dari LTMPT masuk ke email kalian pada bagian Inbox atau Spam, maka dari itu cek di kedua bagian tersebut. Isi dari email LTMPT nanti akan ada tautan untuk aktivasi akun, nah teman-teman tinggal klik saja tautan tersebut.

4. Kenapa terjadi masalah dengan API EMIS Kemenag?

Masalah ini biasanya disebabkan karena data EMIS sekolah yang belum disinkronkan dengan data dapodik, karena data yang digunakan untuk LTMPT merupakan data dari dapodik. Silahkan teman-teman lapor ke pihak sekolah agar segera mengajukan sinkronisasi data EMIS dan dapodik.

5. Jika di KK tidak ada kode pos, maka yang di isi di akun LTMPT apa?

Untuk kode pos bisa teman-teman cari di internet misalnya melalui web carikodepos.com. Biasanya kode pos itu per kecamatan, jadi misalkan kalian dari Kecamatan A. Tinggal ketik saja kecamatan kalian di bagian kolom pencarian di web tersebut.

6. Apakah bisa merubah alamat email yang sebelumnya sudah terverifikasi namun belum klik simpan permanen?

Jika ingin merubah alamat email akun LTMPT sekolah karena lupa, kalian dapat menghubungi sekretariat@ltmpt.ac.id

7. Kalau NISN nya bermasalah seperti ada kesalahan data jenis kelamin, bisa tidak ya?

Untuk perihal NISN, bagi kalian yang kelas 12 bisa langsung mengubungi pihak sekolah (TU). Merekalah yang dapat membenarkan data NISN.

8. Kalau tahun masuknya itu semester genap, bermasalah atau tidak?

Silahkan teman-teman dapat memperbaikinya dengan lapor kepada sekolah ya.

9. Sudah simpan permanen, tapi baru sadar kalau salah tulis RT itu bagaimana?

Kalau hanya masalah salah tulis RT, insya Allah masih aman dan tidak bermasalah.

10. Saya operator sekolah. Di PDSS LTMPT tidak muncul jurusan sehingga tidak bisa di finalisasi. Bagaimana solusinya?

Silahkan bisa langsung menghubungi call center LTMPT agar dibantu secara langsung via telepon ya.

11. Bagaimana jika RT/RW nya kosong dan sudah cetak kartu peserta?

Tidak masalah. Teman-teman bisa membetulkannya nanti ketika daftar ulang di kampus ya.

12. Pengisian Alamat di akun LTMPT disesuaikan dengan domisili atau KTP/KK?

Untuk alamat, silahkan diisi sesuai dengan tanda pengenal teman-teman ya (bisa KTP/KK/SIM). Hal ini dikarenakan pada saat registrasi ulang atau daftar ulang dan pelaksanaan UTBK SBMPTN, setiap peserta akan dicek kesesuaian identitas dirinya dengan kartu peserta.

13. Sistem masih sinkronisasi

Untuk masalah ini disebabkan karena sistem terlalu banyak yang mengakses (overload) yang mengakibatkan server pusat down. Solusinya, teman-teman cari waktu yang sekiranya sepi oleh pendaftar ya.

14. Terjadi kesalahan Api Pusdatin Kemdikbud

Sama seperti permasalahan poin ke 13 di atas, masalah kesalahan api pusdatin kemdikbud disebabkan banyaknya pengakses laman portal LTMPT di waktu yang bersamaan. Solusinya adalah cari waktu yang sekiranya laman portal LTMPT sepi pengaksesnya, contohnya tengah malam.

15. Saya sudah berulang kali login akun LTMPT, mengapa saya selalu gagal?

Masalah ini biasanya dimunculkan dengan informasi bahwa email atau password yang anda masukkan salah!. Dan seringnya hal ini didominasi oleh permasalahan seringnya mengakses lama portal LTMPT dengan satu browser yang kita gunakan, akibatnya banyak sampah atau cache yang tersimpan. Solusinya adalah:

Hapus cache browser

1. Pertama, silahkan teman-teman meng-klik titik tiga pada pojok kanan atas browser kalian.
2. Pilih "setelan" atau "pengaturan" atau "settings"
3. Setelah itu, cari menu "privasi dan keamanan" lalu klik.
4. Terakhir, teman-teman tinggal klik Hapus data penjelajahan.

Jika tidak bisa lagi, silahkan menggunakan browser yang lain. Bisa mozilla, opera, atau microsoft edge. Usahakan untuk menggunakan laptop atau komputer dalam mendaftar untuk mengurangi kesalahan yang tidak disengaja saat mendaftar.

16. Mengapa data registrasi tidak ditemukan?

Jika muncul pemberitahuan "Data registrasi tidak ditemukan. NISN yang anda masukkan tidak tercatat di basis data milik Kemdikbud. Mohon untuk menghubungi pihak sekolah untuk perbaikan data anda.", maka solusi yang dapat teman-teman lakukan adalah:
  1. Cek NISN kalian secara mandiri melalui situs NISN online. Jika NISN kalian muncul perbedaan baik berdasarkan nama, silahkan coba mendaftar LTMPT menggunakan NISN tersebut yang berbeda.
  2. Masalah ini biasanya disebabkan oleh data yang teman-teman masukkan saat mendaftar berbeda dengan data di dapodik. Jadi, solusinya adalah kalian tanyakan langsung kepada sekolah perihal nama kalian di dapodik yang menggunakan NISN tersebut. Tanyakan secara detail termasuk tanggal lahir kalian.
  3. Jika semuanya sudah dipastikan benar, berarti besar kemungkinan server pusat sedang down atau sedang ada perbaikan database pusat. Untuk itu, coba akses kembali 1 sampai 2 hari ke depan ya.

17. Bagaimana cara memperbaiki data salah tetapi sudah simpan permanen LTMPT 2022

Sesuai dengan pernyataan yang tercantum di disclaimer laman pendaftaran akun LTMPT, jika memang teman-teman sudah melakukan simpan permanen, maka data pada akun LTMPT tidak dapat di ubah kembali.

18. Bagaimana cara untuk mengubah foto saya di LTMPT yang sudah permanen?

Sekali lagi, seperti pada poin ke 17 di atas. Data yang sudah di simpan permanen tidak dapat diubah/diedit kembali.

19. Apakah dapat memperbaiki data LTMPT yang sudah di simpan permanen?

Pasti banyak di antara teman-teman yang menanyakan, "bagaimana sih caranya untuk memperbaiki atau mengubah data LTMPT yang sudah di simpan permanen?"

Seperti pada kedua poin sebelumnya, data yang sudah disimpan permanen tidak dapat di edit atau diubah atau diperbaiki lagi.

20. Bagaimana jika alamat LTMPT salah?

Saya saranin, dalam mengisi setiap data yang ada di portal LTMPT itu tetap pelan-pelan aja ya teman-teman. Tidak usah terburu-buru dalam mengisinya, cek satu per satu dan pastikan tidak ada yang salah sedikit pun. Begitu pula dengan alamat teman-teman, pastikan data yang kalian inputkan adalah benar. Tapi kalau sekedar salah di RT/RW atau kode pos itu tidak masalah, teman-teman dapat membenarkannya nanti ketika sudah lolos di jalur SNMPTN saat daftar ulang di kampus kalian.

Nah itu sedikit ulasan mengenai tanya jawab masalah registrasi akun LTMPT 2022. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "FAQ | Tanya Jawab Masalah Registrasi AKUN LTMPT 2022"