Terbaru! Materi dan Jumlah Soal UTBK SBMPTN 2022

Materi dan Jumlah Soal UTBK SBMPTN 2022

Materi dan Jumlah Soal UTBK SBMPTN 2022 - Diantara teman-teman pasti banyak yang menanyakan, sebenarnya jumlah soal UTBK SBMPTN di tahun 2022 itu berapa sih? Sama seperti tahun 2021 kemarin atau berbeda ya? Nah, untuk menjawab pertanyaan teman-teman tersebut, kali ini saya akan membahas topik mengenai materi dan jumlah soal di UTBK SBMPTN 2022 ini.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut, admin saranin kepada teman-teman pejuang UTBK SBMPTN 2022 untuk menonton video sosialisasi dari pihak LTMPT terkait dengan pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru PTN 2022, termasuk SNMPTN dan UTBK SBMPTN.

Oke, apabila teman-teman merasa malas untuk menontonnya karena memang durasinya yang lama, kalian bisa nih untuk mendownload PPT-nya disini: Sosialisasi SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2022

Materi UTBK SBMPTN 2022

Untuk materi-materi yang akan diujikan di UTBK SBMPTN 2022 ini pada dasarnya masih sama seperti tahun lalu yaitu tahun 2021, hanya saja ada sedikit perbedaan dimana untuk Bahasa Inggris dipisahkan tersendiri, jadi tidak lagi masuk di TPS seperti tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu, teman-teman wajib ya untuk mempersiapkan dengan maksimal belajar bahasa Inggrisnya.

Lalu, bagaimana detail materi yang akan diujikan di UTBK SBMPTN 2022?

1. TPS atau Tes Potensi Skolastik

Pada materi TPS ini, teman-teman akan diberikan soal yang terdiri dari beberapa sub materi seperti:
  • Kemampuan Penalaran Umum,
  • Kemampuan Kuantitatif (PK),
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU), dan terakhir
  • Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis (KMBM).

2. Bahasa Inggris

Karena materi Bahasa Inggris di tahun 2022 ini terpisah sendiri dari TPS, maka kemungkinan soal yang akan diujikan seperti TOEFL atau Ujian Bahasa Inggris. Jadi, sekali lagi teman-teman harus dan wajib untuk mempersiapkan materi ini lebih matang.

3. TKA atau Tes Kemampuan Akademik

Nah, untuk TKA sendiri itu dibagi dua ya teman-teman. TKA rumpun Saintek dan TKA rumpun Soshum.

a. TKA Saintek

Untuk teman-teman yang ingin melanjutkan studi di jurusan kedokteran, teknik, sistem informatika, perawat, bidan, fisika, kimia, biologi, dan lainnya, maka kalian nantinya akan mendapati soal yang meliputi materi Matematika IPA, Kimia, Fisika, dan Biologi. Sebagai bahan persiapan mengikuti UTBK SBMPTN Saintek, teman-teman bisa nih untuk mengunduh atau mendownload materi sekaligus latihan soalnya disini lengkap dan gratis ya:
TKA Soshum ini adalah tes yang diperuntukkan kepada para pejuang UTBK SBMPTN yang ingin melannjutkan studinya di jurusan seperti Ilmu Komunikasi, Manajemen, Hubungan Internasional, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Hukum, dan lain sebagainya. Pada TKA Soshum, soal-soal yang nantinya diujikan merupakan soal-soal yang berasal dari materi Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi. Sebagai bahan persiapan untuk mengikuti UTBK SBMPTN Soshum, teman-teman bisa nih untuk mengunduh atau mendownload materi sekaligus latihan soalnya disini lengkap dan gratis ya:
Perihal jumlah soal UTBK SBMPTN di tahun 2022 ini memang tidak disebutkan oleh pihak LTMPT melalui video sosialisasinya kemarin, namun untuk waktu ujian masih tetap sama seperti tahun lalu yaitu 195 menit. Jika begitu, maka kemungkinan besar jumlah soal juga tidak akan berbeda juga. Berikut rinciannya:

A. Jumlah Soal TPS UTBK SBMPTN 2022

No Materi Jumlah Soal
1. Kemampuan Penalaran Umum (PU) 16
2. Kemampuan Kuantitatif (PK) 15
3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU) 16
4. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis (PBM) 17

B. Jumlah Soal Bahasa Inggris UTBK SBMPTN 2022

No Materi Jumlah Soal
1. Bahasa Inggris 15

C. Jumlah Soal TKA Saintek UTBK SBMPTN 2022

No Materi Jumlah Soal
1. Matematika IPA 15
2. Fisika 13
3. Kimia 15
4. Biologi 15

D. Jumlah Soal TKA Soshum UTBK SBMPTN 2022

No Materi Jumlah Soal
1. Geografi 15
2. Sejarah 15
3. Ekonomi 15
4. Sosiologi 15

Durasi Waktu Ujian

Secara keseluruhan, waktu untuk mengerjakan UTBK SBMPTN 2022 adalah 195 menit. Namun, untuk masalah durasi per subtesnya, maka disini saya akan memberikan rincian waktu berdasarkan UTBK SBMPTN di tahun 2021 ya teman-teman. Jadi, bisa saja rincian di bawah ini akan sesuai saat UTBK 2022 nanti, bisa saja berbeda. Tapi admin yakin, meskipun berbeda itu tidak jauh perbedaannya. Harapan saya dengan adanya rincian ini, teman-teman dapat belajar untuk dapat menjawab soal dengan alokasi waktu berikut ini, sehingga soal yang ada dapat terjawab semua.

A. Jumlah Soal TPS UTBK SBMPTN 2022

Subtes Jumlah Soal Waktu (menit)
Kemampuan Penalaran Umum (PU) 16 17
Kemampuan Kuantitatif (PK) 15 22,5
Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU) 16 22,5
Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis (PBM) 17 28
Total Waktu 90 menit

B. Jumlah Soal Bahasa Inggris UTBK SBMPTN 2022

Subtes Jumlah Soal Waktu (menit)
Bahasa Inggris 15 15 menit

C. Jumlah Soal TKA Saintek UTBK SBMPTN 2022

Subtes Jumlah Soal Waktu (menit)
Matematika IPA 15 22,5
Fisika 13 22,5
Kimia 15 22,5
Biologi 15 22,5
Total Waktu 90 menit

D. Jumlah Soal TKA Soshum UTBK SBMPTN 2022

Subtes Jumlah Soal Waktu (menit)
Geografi 15 22,5
Sejarah 15 22,5
Ekonomi 15 22,5
Sosiologi 15 22,5
Total Waktu 90 menit
Nah, disini saya akan spill sedikit perihal TKA Soshum ya teman-teman (Soalnya saya sendiri juga pejuang SBMPTN 2021 kemarin, hehe). Jadi untuk materi ekonomi itu tidak ada hitungannya sama sekali, maka dari itu saran saya untuk materi ekonomi cukup kalian pelajari secara maksimal teori-teorinya. Namun, untuk jaga-jaga tetap dipelajari juga materi hitungannya. Sedangkan menurut saya pribadi, dari ke empat subtes TKA Soshum di atas, materi yang paling sulit adalah sejarah. Jadi saran saya, karena masih ada waktu yang cukup lama dari sekarang, belajarlah Sejarah terlebih dahulu dari materi yang lain. Udah itu saja, xixi....


Oke teman-teman, demikianlah pembahasan mengenai materi dan jumlah soal UTBK SBMPTN 2022. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan ke teman yang lain, yang sama-sama pejuang UTBK SBMPTN 2022 yaa...

Posting Komentar untuk "Terbaru! Materi dan Jumlah Soal UTBK SBMPTN 2022"