Terbaru! Rata-Rata Nilai Raport Untuk Lolos SNMPTN 2022/2023

Rata-Rata Nilai Raport Untuk Lolos SNMPTN 2022/2023

Rata-Rata Nilai Raport Untuk Lolos SNMPTN - Halo teman-teman pejuang PTN 2022! Pasti banyak di antara kalian yang bertanya-tanya tentang berapa sih rata-rata nilai raport agar dapat lolos keterima di PTN impian melalui jalur SNMPTN? 

Oke teman-teman, disini saya akan membantu untuk menjawab pertanyaan tersebut. Namun, sebelum lebih lanjut, kalian harus tahu terlebih dahulu bahwa penilaian SNMPTN tidak hanya dilihat dari nilai raport saja. Ada beberapa kriteria lain yang turut terlibat dalam penilaian SNMPTN yang juga memiliki pengaruh besar terhadap kelolosan kalian di PTN impianmu.

Apa saja itu? Baca sampai habis ya..

Kriteria Penilaian SNMPTN

Sekali lagi, untuk penilaian SNMPTN itu tidak hanya berdasar pada nilai raport saja ya teman-teman. Karena ada beberapa kriteria lain yang juga memiliki pengaruh yang cukup besar dalam penilaian SNMPTN. Dan rata-rata nilai raport itu hanya satu dari kriteria lain yang menjadi penilaian di SNMPTN.

Beberapa hal lain yang menjadi kriteria penilaian di SNMPTN adalah:

Kriteria Penilaian Keterangan
Nilai Rata-rata Raport Rata-rata nilai dan konsistensi nilai
Piagam Prestasi Internasional, Nasional, Provinsi, Kabupaten atau Kota, atau tidak melampirkan.
Track Record Alumni Persebaran Alumni di PTN tujuan kalian.

Nah, tiga hal tersebutlah yang menjadi penilaian utama di dalam SNMPTN.

Rata-Rata Nilai Raport Agar Lolos SNMPTN

Berdasarkan survei yang kami dapatkan dari web kampusimpian.com, diperoleh data sekumpulan nilai keseluruhan mata pelajaran siswa atau interval nilai dan banyaknya siswa yang memperoleh nilai  tersebut atau frekuensi siswa sebagai berikut:

Interval nilai raport lolos snmptn

Dari data tersebut, teman-teman dapat melihat bahwa siswa yang lolos di SNMPTN di dominasi oleh siswa yang memiliki nilai di semester 1 (satu) antara 80-85 dan di semester 6 di antara 85-90.

Setelah itu, dari data yang ada pada tabel di atas, kita hitung rata-rata keseluruhannya. Sehingga didapatkan hasil berikut ini. 

Rata-rata nilai raport lolos snmptn

Sehingga diperoleh grafik seperti ini.

Grafik rata-rata nilai raport lolos snmptn

Jadi, kesimpulannya adalah kebanyakan siswa yang lolos di SNMPTN ialah mereka yang memiliki nilai rata-rata raport yang meningkat di setiap semesternya. Namun, agar teman-teman tidak salah paham mengenai hasil analisis kita ini, berikut saya sajikan hasil survei mengenai konsistensi nilai yang diperoleh oleh para siswa yang telah lolos snmptn di tahun kemarin. 

Konsistensi Nilai

Untuk konsistensi nilai, teman-teman dapat memahaminya melalui tabel yang ada di bawah ini.
Persentase Keterangan
72% Nilai konsisten naik. Namun, ada 1 atau 2 nilai yang stagnan atau turun.
12% Nilai banyak naik turun lebih dari 3 semester.
9% Nilai konsisten naik per semester.
7% Nilai stagnan atau tetap, tidak naik atau turun.

Peranan Prestasi

Prestasi juga memiliki peranan yang penting dalam menentukan lolos tidaknya calon mahasiswa di jalur SNMPTN. Namun, justru ternyata banyak siswa yang lolos SNMPTN tanpa menyantumkan piagam prestasi. 
Persentase Keterangan
60% Tidak menyantumkan atau melampirkan piagam/sertifikat prestasi.
40% Menyantumkan atau melampirkan sertifikat prestasi.

Mengapa demikian? Hasil survei tersebut tentu dapat kita simpulkan bahwasanya sebenarnya banyak siswa yang memiliki nilai yang sudah cukup bagi PTN tersebut dalam menentukan lolos atau tidaknya di SNMPTN, terlebih bagi sekolah yang memiliki track record atau persebaran alumni yang bagus di universitas tersebut.

Prestasi ini akan dapat menambahkan poin lebih jikalau track record sekolah kalian bisa dikatakan sedang atau biasa di PTN tujuan tersebut. Dengan prestasi yang kalian lampirkan, PTN dapat menilai bahwa dirimu memang layak lolos di tengah kondisi persebaran alumni yang masih biasa. Hal ini juga dapat meningkatkan reputasi sekaligus menambah track record bagi sekolah asalmu. Semakin tinggi tingkatan juara yang kalian dapatkan, maka semakin tinggi pula nilai tambahan yang kamu dapatkan di jalur SNMPTN.

Sertifikat prestasi ini bisa dikatakan untuk membedakan kamu dengan mahasiswa lain yang juga mengikuti SNMPTN. Dan perlu teman-teman ketahui, bahwasanya tidak semua piagam prestasi juga dapat dilampirkan di SNMPTN. Untuk mengetahui apa saja sertifikat yang dapat dilampirkan di SNMPTN 2022, silahkan teman-teman dapat membaca artikel di bawah ini:

Daftar Rata-Rata Nilai Raport Lolos SNMPTN 2022

Nah, buat kalian yang kepo atau ingin tahu mengenai rata-rata nilai raport untuk SNMPTN di tahun-tahun sebelumnya, kalian dapat nih membacanya melalui artikel-artikel di bawah ini:

Akhir Kata

Demikianlah artikel mengenai rata-rata nilai raport agar dapat lolos SNMPTN 2022. Artikel ini akan senantiasa di update per harinya. Semoga bermanfaat dan good luck buat kalian para pejuang PTN 2022!

Sumber:
https://kampusimpian.com/rata-rata-nilai-raport-untuk-lolos-snmptn-terbaru/

Posting Komentar untuk "Terbaru! Rata-Rata Nilai Raport Untuk Lolos SNMPTN 2022/2023"