CARA MEMBUAT SAMBAL KENCUR MENTAH

Resep Sambal Kencur Mentah Pedas Sederhana Spesial Segar Asli Enak. Sambal kencur terdiri dari dua 2 yaitu sambal kencur mentah dadakan yang lebih segar dan lebih pedas dan sambal kencur matang atau dimasak, bisa digoreng untuk sambal goreng kencur, direbus, dikukus, dll. Sambal kencur ini merupakan makanan khas Jawa di Jawa Timur, khas Sunda di Jawa Barat dan juga khas Bali dan Bangka biasanya dipadukan dengan aneka sayur-sayuran dan lauk, seperti kemangi, ikan, ayam, bebek, itik, kacang panjang, terong, ikan lele, santan, tempe, terasi, dan bahan-bahan lainnya.

Foto Resep Sambal Kencur Mentah Pedas Sederhana Spesial Segar Asli Enak
Gambar Sambal Kencur Mentah Kemangi Pedas



Sambal Kencur adalah sambal pakai kencur khas dari Jawa Timur yang merupakan bagian dari sajian tempe penyet atau ayam penyet namanya sambal korek kencur biasanya pake sambal kencur matang atau dimasak baru di ulek. Kalau di Sunda, Bandung, Jawa Barat namanya sambal cikur pedas. Kencur juga sering disebut jahe aromatik.

Baca Juga :



Pemakaian cabe hijau akan menjadi sambal kencur hijau atau ijo dan jika pakai cabai atau cabe merah akan jadi sambal kencur merah. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sambel kencur mentah uleg yang pedas mantap banget lengkap dengan sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung nasi, rumah makan khas Sunda maupun restoran ala cafe resto siap cepat saji.

RESEP SAMBAL KENCUR MENTAH


BAHAN :
  • 1 ruas jari Kencur
  • 2 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 8 buah cabai rawit merah atau cabe rawir hijau/ijo atau bisa ditambahkan cabe setan atau cabe domba biar lebih pedas banget
BUMBU :
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula merah yang sudah disisir
  • 1 sdt terasi yang sudah dibakar/digoreng
CARA MEMBUAT SAMBAL KENCUR MENTAH :
  1. Haluskan atau ulek semua bahan yang sudah disiapkan.
  2. Tambahkan pelengkap, haluskan atau ulek dan sampai tercampur rata.
  3. Pindah ke wadah saji, sambal kencur mentah pedas mantap sudah siap dinikmati.
  4. Sajikan untuk 3 porsi nasi putih panas atau hangat dnegan lauk tahu, tempe, ayam goreng atau ikan goreng.
TIPS & TRICKS :
  • Jumlah cabai yang digunakan dapat disesuaikan selera pedas.
  • Tidak menutup kemungkinan untuk menambahkan daun kemangi supaya aroma serta rasanya lebih menggoda.

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT SAMBAL KENCUR MENTAH"