40 Contoh Soal USP Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013~Persiapan Ujian Tahun 2022

40 Contoh Soal USP/USBN Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Beserta Jawaban - Soal-soal Ujian Satuan Pendidikan mata pelajaran Bahasa Indonesia ini, admin share sebagai persiapan siswa menengah atas menghadapi USP tahun 2021/2022, dimana materi soal yang ada diambil dari USP tahun 2020/2021. Dan biasanya soal-soal yang muncul di tahun ini, tidak begitu jauh dari tahun sebelumnya.

Sebelumnya, admin juga telah mempublish soal USP bahasa Indonesia tahun 2017/2018 (35 soal pilihan ganda), yang bisa anda pelajari pada postingan: contoh soal USP/USBN bahasa Indonesia dan kunci jawabannya.

Dengan demikian ada sekitar 75 soal USP bahasa Indonesia kelas 12 yang bisa dijadikan referensi belajar siswa SMA/MA/SMK/MAK sebagai persiapan menghadapi USP tahun 2022 ini.

Berikut di bawah ini soal dilengkapi kunci jawabannya.

1. Perhatikan paragraf berikut!
       Helvy Tiana Rosa lahir pada tanggal 2 April 1970 di Medan, Sumatera Utara. Ia tercatat sebagai alumnus Jurusan Sastra Arab. Universitas Indonesia. Setamat kuliah, Helvy melanjutkan kariernya di bidang penerbitan, yang telah dimulainya sejak masih bestatus mahasiswa. Pada tahun 1991 ia menjadi redaktur sekaligus pemimpin redaksi majalah Annida. Pada tahun 1997 Helvy mendirikan komunitas penulis dengan nama Forum Lingkar Pena. Ia pun dipercaya sebagai ketua umum komunitas tersebut hingga tahun 2005. Kemudian, Forum Lingkar Pena berkembang pesat hingga anggotanya mencapai lebih dari 5.000 orang. Selain FLP, Helvy juga menggagas sebuah rumah baca yang bernama Rumah Baca Hasil Karya (Rumah Cahaya) , yang digunakan sebagai tempat belajar bagi para anggotanya di bidang apresiasi dan penulisan kreatif.
Disadur dari: Indarti Yuni Astuti, “Helvy Tiana Rosa” dalam Ensiklopedi Sastrawan Indonesia Jilid 3, Yogyakarta, Permata Equator Media, 2008.
Informasi tersurat dalam bacaan tersebut adalah ….
A. Helvy Tiana Rosa menjadi pemimpin redaksi majalah Annida hingga saat ini.
B. Helvy Tiana Rosa menggagas Forum Lingkar Pena hingga berkembang pesat.
C. Helvy menyediakan tempat untuk belajar di bidang apresiasi dan penulisan kreatif.
D. Helvy Tiana Rosa menggerakkan mahasiswa untuk membuat penerbitan di kampus.
E. Helvy Tiana Rosa merupakan pendiri penerbit yang ada di kampus Universitas Indonesia.
Jawaban: B

2. Cermatilah paragraf berikut dengan saksama!
       Terkesan aneh bin ajaib jika benar Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram menggunakan BBM bersubsidi bagi orang mampu. Langkah demikian merefleksikan ketidakberdayaan Pemerintah merumuskan kebijakan mengatasi subsidi bahan bakar minyak yang dinilai tidak tepat sasaran. Kekacauan kebijakan subsidi terletak pada desain kebijakan itu sendiri tanpa dikaitkan dengan problem nasional lain terkait energi. Semua ini sebenarnya disebabkan oleh ketidakjelasan Pemerintah dalam mengelola energi nasional.
Makna istilah fatwa dalam paragraf tersebut adalah ….
A. keputusan
B. usulan
C. imbauan
D. larangan
E. pendapat
Jawaban: A

3. Cermati kutipan teks berikut!
       Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebIh sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.
Isi tersirat pada paragraf tersebut yang tepat adalah ….
A. Tidur yang cukup sebaiknya kurang dari 8 jam sehari.
B. Tidur yang cukup dapat meningkatkan imunitas diri.
C. Kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.
D. Tidur yang cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam.
E. Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas dapat melindungi diri dari penyakit.
Jawaban: E

4. Cermatilah dua teks berikut!
Teks 1
     Pembangunan secara umum sering diartikan sebagai upaya multidimensi untuk mencapai kualitas hidup seluruh penduduk yang lebih baik. Oleh banyak negara, pembangunan kesehatan masyarakat. Pembangunan nasional di Indonesia, termasuk di bidang kesehatan, berkembang semakin kompleks, berubah dengan cepat, dan sering kurang menentu. Perkembangan ini memerlukan pemikiran dasar pembangunan kesehatan yang kuat. Pemikiran dasar ini pada hakikatnya merupakan makna dari pelaksanaan paradigma sehat yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. Agar pembangunan kesehatan dapat lebih ditingkatkan akselerasi dan mutunya, diperlukan penguatan pengelolaan dan pelaksanaan pembangunan kesehatan tersebut.
Disadur dari: Hapsara Habib Rachmat, Pencapaian Pembangunan Kesehatan di Indonesia, Yogyakarta, UGM Press, 2018.

Teks 2
     Tuntutan tempat, waktu, dan kondisi penonton menuntut tarian Melayu yang semula bukan untuk pertunjukan mengalami revitalisasi kembali untuk dijadikan tari pertunjukan. Contoh tari Melayu yang mengalami revitalisasi kembali untuk dijadikan sebagai seni pertunjukan adalah Sembilan Tari Wajib Melayu Deli, yaitu tari Lenggang Patah Sembilan, Makinang, Seramapang Dua Belas, Hitam Manis, Tanjung Katung, Cek Minah Sayang, Anak Kala, Sri Langkat, dan Mak Inang Pak Malau.
Dengan revitalisasi, diharapkan tarian Melayu mampu lebih “mengikat” penontonnya. Faktor-faktor keingintahuan, memikat secara audio, dan visual harus ditumbuhkan pada diri penonton. Tentunya kecermatan dalam menata kembali tari tersebut harus diperhatikan. Untuk memastikan revitalisasi tari berjalan baik, dibutuhkan juga pengetahuan koreografi yang baik pula.
Disadur diri: Muhdi Kurnia, Tari Tradisi Melayu, Medan, Puspantara,2016
Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah …
A. Teks 1 membahas dasar pembangunan yang kuat; Teks 2 membahas jenis-jenis tari Melayu yang direvitalisasi.
B. Teks 1 membahas kualitas penduduk; Teks 2 membahas contoh tari Melayu yang direvitalisasi.
C. Teks 1 membahas pembangunan kesehatan nasional di Indonesia; Teks 2 membahas revitalisasi tarian Melayu.
D. Teks 1 membahas undang-undang tentang kesehatan; Teks 2 membahas pengetahuan koreografi.
E. Teks 1 membahas pengelolaan kesehatan; Teks 2 membahas kecermatan dalam menanta kembali tari.
Jawaban: C

5. Cermati paragraf berikut!
     Peran perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan menuju kesejahteraan bangsa perlu perhatian khusus. Melalui peringatan Hari Ibu tahun ini diharapkan adanya peningkatan pendidikan politik dan partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan dan peningkatan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ekonomi kreatif yang berwawasan lingukungan. Di samping itu, diharapkan juga peningkatan peran laki-laki dan keluara dalam penghapusan diskriminasi terhadap perempuan dan anak.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
A. Peningkatan pendidikan politik bagi perempuan.
B. Peningkatan peran perempuan dan laki-laki.
C. Partisipasi seorang perempuan dalam keluarga.
D. Penghapusan diskriminasi perempuan dan anak.
E. Pembanguan mental perempuan berwawasan lingkungan.
Jawaban: B

6. Perhatikan paragraf berikut!
     (1) Pada akhir tahun 1960-an sejumlah ahli bahasa Indonesia beranggapan bahwa bahasa Indonesia kacau-balau sehingga harus ada pembakuan bahasa. (2) Menurut mereka, yang harus dilakukan terlebih dahulu ialah pembakuan ejaan. (3) Kata mereka, Ejaan Republik yang diumumkan pada zaman revolusi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mr. Suwandi tidak lagi ditaati. (4) Hal tersebut tentu harus tetap dipertahankan. (5) Harus disusun ejaan baru yang lebih sesuai dengan keadaan dan kebutuhan bahassa Indonesia sekarang.
Inti kalimat pada paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
A. (5)
B. (4)
C. (3)
D. (2)
E. (1)
Jawaban: C

7. Bacalah teks berikut!
     Lihatlah pembangunan dan pola hidup masyarakat di kota besar itu. Mereka membuang sampah sembarangan ke selokan dan ke kali yang mengalir di tengah kota. Daerah resapan air telah berubah menjadi hutan beton, sementara kebun dan hutan di pinggir kota berubah fungsi menjadi hunian dan pabrik. Tidak terpikir oleh mereka jika datang musim hujan. […].
Kalimat berupa akibat yang sesuai untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. Banjir akan melanda kota tersebut.
B. Sampah-sampah menghambat aliran air.
C. Air hujan tidak dapat meresap di hutan-hutan gundul.
D. Sampah bertumpuk di muara sungai menyebabkan polusi.
E. Para pemulung plastik mendapat rezeki berlimpah.
Jawaban: A

8. Cermati kutipan berikut!
     Dari jendela pesawat yang menerbangkannya ke Tanzania, Andien menatap puncak Kilimanjaro yang selalu diselimuti salju. Awan putih yang menyelubungi laksana sehelai sutra tipis yang ditebarkan untuk menyembunyikan keagungan gunung tertinggi di Benua Afrika itu. Kilimanjaro menjulang tinggi hampir enam ribu meter di atas permukaan laut, terletak di Timur laut Tanzania, gunung itu sejak zaman dulu sudah menarik perhatian penduduk asli yang menjulukinya Gunung Bersinar dalam bahasa Swaihi.

“Sisi Gelap Cinta”, Mira W.
Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan dalam kutipan novel tersebbut adalah ….
A. Pengarang menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami.
B. Pengarang mendeskripsikan latar sangat indah dalam kutipan novel tersebut.
C. Pengarang menceritakan tempat-tempat yang indah di luar negeri.
D. Novel “Sisi Gelap Cinta” ditulis pengarang yang pernah mengunjungi tempat dalam novel tersebut.
E. Novel ini baik untuk dibaca agar dapat melihat keindahan di negara lain.
Jawaban: B

9. Bacalah kutipan cerpen berikut!
     “Salahkah menurut pendapatmu kalau kami menyembah Tuhan di dunia?” Tanya Haji Saleh. “Tidak. Kesalahan engkau terlalu mementingkan dirimu sendiri. Kau takut masuk neraka karena itu kau taat bersembahyang. Tetapi, engkau melupakan kehidupan anak istrimu sendiri, sehingga mereka kocar-kacir selamanya. Inilah kesalahanmu yang terbesar, terlalu egoistis.”
A.A. Navis, “Robohnya Surau Kami”
Isi tersurat dari kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. bertaqwa kepada Tuhan
B. saling menghormati sesama
C. saling berteman dengan sesama
D. manusia adalah makhluk sosial
E. saling mengingatkan terhadap sesama
Jawaban: E

Baca juga soal-soal USP lainnya:
- 45 Contoh Soal USP Seni Budaya Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Lengkap
- 40 Contoh Soal USP Prakarya SMA/MA/SMK/MAK Beserta Jawaban
- 90 contoh soal USP PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
- 100+ contoh soal USP PPKn SMA/MA/SMK/MAK Beserta Kunci Jawabannnya
- 100+ Contoh Soal USP Sosiologi Kelas 12 Beserta Kunci Jawaban

10. Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!
Penerimaan
Chairil Anwar
Kalau kau mau kuterima kau kembali
Dengan sepenuh hati
Aku masih tetap sendiri
Kutahu kau bukan yang dulu lagi
. . . .
Jangan tunduk! Tentang aku dengan berani
Kalau kau mau kuterima kembali
Untukku sendiri tapi
Sedang dengan cermin enggan aku berbagi
Maret 1943
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi rumpang di atas adalah ….
A. Bak kembang sari sudah terbagi
B. Bagaikan bunga yang telah layu
C. Kini aku meratap diri
D. Seperti berlian hilang kilaunya
E. Kau pergi tak kan kembali Jawaban: A

11. Bacalah puisi berikut!

Selamat Tinggal
Aku berkaca
Ini muka penuh luka
Siapa punya
     Kudengar seru menderu
     dalam hatiku?
     Apa hanya angin lalu?
           Lagu lain pula
           Menggelegar tengah malam buta
            Ah…!!!
Segala menebal, segala mengental
Segala tak ku kenal
Selamat tinggal…!!!
Karya: Chairil Anwar
Maksud simbol kata “penuh luka” adalah ….
A. seseorang sakit keras
B. diri yang penuh dosa
C. mengenang masa lalu
D. menyesali masa lalu
E. orang yang bersyukur
Jawaban: B

12. Perhatikan kedua kutipan berikut!
Kutipan 1
      Seperti anak-anak lain, Gito sehari hanya makan satu kali, setelah pulang sekolah. Juga seperti anak-anak lain, Gito tidak mempunyai sandal, apalagi sepatu. Guru-guru pun bertelanjang kaki. Kalau ada guru memakai sepatu atau sandal, pasti sepatu atau sandalnya sudah reyot. Gito, demikian juga dengan pakaian temannya, serba compang-camping, penuh tambalan, demikian pula pakaian guru.
Dikutip dari: Budi Darma, “Tukang Cukur” dalam Tanah Air Cerpen Pilihan Kompas 2016, Jakarta Kompas, 2017

Kutipan 2
      Tentu semua orang di sini mengenal Mbah Dilmo. Ia adalah lelaki tertua di kampung kami. Umurnya sudah seratus tahun lebih. Bila kau Tanya kepastian tanggal dan tahun kelahirannya, maka orang sekampung kami akan menggeleng. Atau paling-paling menunjuk Damar Kurung yang dipajang di pinggir jalan sepanjang kampung kami. Kini Mbah Dilmo masih tetap hidup dan sehat.
Dikutip dari: A. Muttaqin, “Mbah Dilmo” dalam Kasur Tanah Cerpen Pilihan Kompas 2017, Jakarta, Kompas. 2018.
Persamaan kedua cerita tersebut adalah ….
A. menceritakan konflik yang terjadi dalam cerita
B. mengandung alur cerita yang sama yaitu sorot balik
C. menceritakan pengenalan penokohan dalam cerita
D. menceritakan gambaran tema dalam sebuah cerita
E. menyajikan gambaran latar suasana dalam cerita
Jawaban: C

13. Perhatikan kedua kutipan cerpen berikut!
Cerpen 1
     Ini jam Sembilan pagi, lalu lalang di simpang tiga sudah mereda. Anak-anak sekolah, para guru, dan pegawai yang sudah lama sampai di tempat kerja masing-masing. Yang masih berkendara di simpang tiga hanya orang-orang yang mau pergi atau pulang dari pasar. Udara mulai panas dan suara lengking peluit buat sementara tidak terdengar.
Dikutip dari: Ahmad Tohari, “Paman Klungsu dan Kuasa Peluitnya” dalam Kasur Tanah Cerpen Pilihan Kompas 2017,Jakarta, Kompas, 2018
Cerpen 2
    Aku mengenal Neka sebagai perempuan cerdas yang pendiam dan tak suka bercerita tentang dirinya sendiri. Tak perlu perdebatan panjang untuk bersepakat betapa cantiknya Neka. Kulit cokelatnya, mata bundarnya, hidung portugisnya, dan tinggi semampainya adalah perlengkapan yang lebih dari cukup untuk menaklukan banyak lelaki. Tapi, setahuku dia tak pernah bergaul dekat dengan satu pun dari banyak lelaki yang mengejarnya.
Dikutip dari: Eep Sefulloh Fatah, ‘Neka” dalam Di Tubuh Tarra dalam Rahim Pohon Cerpen Pilihan Kompas 2014, Jakarta, Kompas, 2015.
Perbedaan pola penyajian kedua kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. Cerpen 1 diawali pengenalan latar; Cerpen 2 diawali pengenalan tokoh.
B. Cerpen 1 diawali pengenalan konflik; Cerpen 2 diawali pengenalan latar.
C. Cerpen 1 diawali pengenalan tokoh; Cerpen 2 diawali pengenalan tema.
D. Cerpen 1 diawali pengenalan tema; Cerpen 2 diawali pengenalan konflik.
E. Cerpen 1 diawalaai pengenalan konflik; Cerpen 2 diawali pengenalan tokoh.
Jawaban: A

14. Perhatikan kutipan novel berikut!
      Saat itu matahari sudah berada di atas ubun-ubun, panas terik berdenyar bagai ingin melelhkan Kerajaan Hastina. Seratus Kurawa berkaparan mendengkur di atas lantai. Tinggal Sengkuni yang masih tercenung sambil menghisap pipa candunya. Ia tidak ikut karena memang sudah tidak mau lagi. Sementara itu, kelima Pandawa masih mematung tanpa jiwa.
Disadur dari: Seno Gumira Ajidarma, Drupadi, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2017
Bukti latar yang dominan pada kutipan novel tersebut ditunjukkan oleh kalimat ….
A. kesatu
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
E. kelima
Jawaban: A

15. bacalah penggalan novel berikut dengan saksama!
     Sekali lagi Hanafi bangkit dari berbaring, sambil tertawa terbahak-bahak, maka berkatalah ia, “Itulah yang kusegankan benar hidup di tanah Minangkabau ini, Bu. Di sini semua orang berkuasa, kepada semua orang berutang, baik utang uang maupun utang budi.” Kemarahan Hanafi ditujukan kepada kepada anaknya yang katannya sudah dimasuki oleh setan dan kepada Si Buyung yang masih belum datang, serta malunya kepada kawan-kawannya melihat istrinya datang yang tidak ubah rupanya koki. Semua sudah bertumpuk tersebut kepada Rapiah. Sambil merentangkan anak itu ke tangan ibunya, dikatainyalah istrinta di muka kawan-kawannya dengan segala nista dan penghinaan hingga ketiga tamunya itu menjadi resah dan prihatin atas sikap Hanafi kepada istrinya.
Abdul Muis, “Salah Asuhan”
Nilai moral yang ada dalam penggalan novel tersebut bila dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari adalah ….
A. Pemberi utang adalah berkuasa
B. Kesombongan suatu sikap yang tidak terpuji
C. Terhadap istri kita dapat bertindak sesuka hati
D. Kita mesti membela terhadap teman
E. Anak harus tunduk kepada orang tua
Jawaban: B

16. Cermatlah paragraf berikut!
      Kenaikan bunga acuan akan memperbesar biaya produk. Harga bahan baku […] meningkat akibat […] rupiah dan kenaikan beban bunga utang. Sebaliknya, konsumsi rumah tangga juga diperkirakan terpengaruh oleh kenaikan suku bunga kredit. Di sisi lain kredit […] terkena dampak kenaikan bunga acuan.
Kata istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ….
A. Impor, fluktuasi, konstruksi
B. Import, fluktuasi, kontruksi
C. Impor, fluktuasi, kontruksi
D. Import, fluktuasi, konstruksi
E. Impor, flukstuasi, konstruksi
Jawaban: A

17. Perhatikan paragrat eksposisi rumpang berikut!
     Media massa mempunyai peran yang sangat besar dalam masyarakat. Media massa dapat berperan sebagai institusi bisnis dan institusi sosial. Peran media massa dalam kehidupan sosial, terutama dalam masyarakat sangatlah penting. [….] Media massa sebai forum untuk mempresentasikan berbagai informasi dan ide-ide kepada khalayak sehingga memungkinkan terjadinya tanggapan dan umpan balik. Melalui media massa pun, kita dapat membangun opini karena media ini mempunyai kekuatan mengonstruksi masyarakat. Media massa seperti Koran, majalah televisi, atau internet adalah media massa yang saat ini berperan dalam pemberian pengetahuan dan pemahaman mengenai sesuatu kepada masyarakat.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah …
A. Pendidikan termasuk media menanamkan sikap agar mampu memainkan peran sesuai dengan kedudukan sosial.
B. Media massa merupakan sarana belajar untuk mengetahui berbagai peristiwa dan merefleksikan dunia.
C. Media massa menjalankan operasinya dengan orientasi ke dalam (inward), untuk kepentingan sendiri.
D. Perkembangan media massa di Indonesia pada masa akan datang harus lebih diperhatikan.
E. Keluarga adalah media yang sangat efektif dalam proses sosialisasi terhadap nilai budaya.
Jawaban: B

18. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
     Bangsa ini cukup pandai membangun, tetapi hanya menyisakan sedikit kecerdasan untuk merawat hasil-hasil pembangunan. Pembangunan yang masih tersisa yaitu adanya sistem interkoneksi listrik di wilayah Jawa dan Bali. Semestinya, system interkoneksi itu memberi jaminan kecukupan aliran arus listrik di kedua pulau tersebut. Namun, fakta berbicara lain bahwa Perusahaan Listrik Negara (PLN) justru tidak mampu memberi jaminan ketersediaan arus listrik setiap saat. Tiba-tiba saja listrik padam tanpa pemberitahuan.
Pernyataan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah ….
A. Perusahaan Listrik Negara hanya mampu mencukupi arus listrik di wilayah Bali.
B. Perusahaan Listrik Negara sangat mampu untuk mencukupi arus listrik di wilayah Jawa saja.
C. Indonesia tidak pernah bermasalah dengan pemakaian arus listrik dari Negara.
D. Ketidakmampuan Perusahaan Listrik Negara untuk memberi jaminan ketersediaan arus listrik setiap saat.
E. Masyarakat Indonesia sangat dengan pemeliharaan terhadap bangunan yang ada
Jawaban: D

19. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Di tengah kemungkaran baru itu jumlah kaum tertindas baru terus meningkat dan kualitas ketertindasannya pun bertambah.
(2) Kita sekarang berada di bawah tekanan kemungkaran-kemungkaran baru.
(3) Bahkan, kemungkaran itu bisa hadir dalam negara.
(4) Kemungkaran itu bisa hadir dalam diri pribadi kita, dalam keluarga, dan dalam masyarakat.
(5) Lebih dari itu, kemungkaran bisa hadir atas nama negara.
Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah …
A. (2)-(4)-(3)-(5)-(1)
B. (2)-(1)-(4)-(3)-(5)
C. (4)-(1)-(3)-(5)-(2)
D. (4)-(1)-(5)-(2)-(3)
E. (5)-(2)-(3)-(4)-(1)
Jawaban: B

20. Cermati kerangka karangan berikut!
Topik: Krisis Moneter Melanda Tanah Air
(1). Tingginya harga bahan pangan
(2). Penyebab krisis moneter
(3). Dampak terjadinya krisis moneter
(4). { …. ]
Sub topik yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah ….
A. Solusi pemecahan masalah krisis moneter
B. Banyak karyawan yang di PHK
C. Kemiskinan meningkat
D. Lowongan pekerjaan semakin sulit
E. Masyarakat semakin resah Jawaban: A

Lanjut ke soal nomor 21-40 ==> Contoh Soal USP Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Beserta Jawaban

Posting Komentar untuk "40 Contoh Soal USP Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013~Persiapan Ujian Tahun 2022"