CARA MEMBUAT GURITA BAKAR KECAP MANIS PEDAS EMPUK

Resep Gurita Bakar Kecap Manis Pedas Empuk Sederhana Spesial Asli Enak. Biasanya masak cumi bakar kecap tapi kali ini pengen masak gurita bakar kecap atau panggang yang lagi viral kekinian. Gurita itu beda sama Cumi cumi ya gaes dan juga beda sama Sotong ataupun Balakutak (cumi hitam). Di bawah ini penampakan resep masak gurita bakar atau panggang teflon.

Foto Resep Gurita Bakar Kecap Manis Pedas Empuk Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Gurita Bakar Kecap Manis Pedas Empuk



Menurut situs Wikipedia. Gurita adalah hewan moluska dari kelas Cephalopoda (kaki hewan terletak di kepala), ordo Octopoda dengan terumbu karang di samudra sebagai habitat utama. Gurita terdiri dari 289 spesies yang mencakup sepertiga dari total spesies kelas Cephalopoda. Gurita dalam bahasa Inggris disebut Octopus (Yunani: Ὀκτάπους, delapan kaki) yang sering hanya mengacu pada hewan dari genus Octopus.

Bentuk Fisik

Gurita memiliki 8 lengan (bukan tentakel) dengan alat pengisap berupa bulatan-bulatan cekung pada lengan yang digunakan untuk bergerak di dasar laut dan menangkap mangsa. Lengan gurita merupakan struktur hidrostat muskuler yang hampir seluruhnya terdiri dari lapisan otot tanpa tulang atau tulang rangka luar. Tidak seperti hewan Cephalopoda lainnya, sebagian besar gurita dari subordo Incirrata mempunyai tubuh yang terdiri dari otot dan tanpa tulang rangka dalam. Gurita tidak memiliki cangkang sebagai pelindung di bagian luar seperti halnya Nautilus dan tidak memiliki cangkang dalam atau tulang seperti sotong dan cumi-cumi. Paruh adalah bagian terkeras dari tubuh gurita yang digunakan sebagai rahang untuk membunuh mangsa dan menggigitnya menjadi bagian-bagian kecil.

Baca Juga :


Tubuh yang sangat fleksibel memungkinkan gurita untuk menyelipkan diri pada celah batuan yang sangat sempit di dasar laut, terutama sewaktu melarikan diri dari ikan pemangsa seperti belut laut Moray. Gurita yang kurang dikenal orang dari subordo Cirrata memiliki dua buah sirip dan cangkang dalam sehingga kemampuan untuk menyelip ke dalam ruangan sempit menjadi berkurang.

Gurita mempunyai masa hidup yang relatif singkat dan beberapa spesies hanya hidup selama 6 bulan. Spesies yang lebih besar seperti Gurita raksasa Pasifik Utara yang beratnya bisa mencapai 40 kilogram bisa hidup sampai 5 tahun di bawah kondisi lingkungan yang sesuai. Reproduksi merupakan salah satu sebab kematian, gurita jantan hanya bisa hidup beberapa bulan setelah kawin dan gurita betina mati tidak lama setelah bertelur. Kematian disebabkan kelalaian gurita untuk makan selama sekitar satu bulan sewaktu menjaga telur-telur yang belum menetas.

Selubung bagian perut tubuh gurita disebut mantel yang terbuat dari otot dan terlihat seperti kantung. Gurita memiliki tiga buah jantung yang terdiri dari dua buah jantung untuk memompa darah ke dua buah insang dan sebuah jantung untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Darah gurita mengandung protein Hemosianin yang kaya dengan tembaga untuk mengangkut oksigen. Dibandingkan dengan Hemoglobin yang kaya dengan zat besi, Hemosianin kurang efisien dalam mengangkut oksigen. Hemosianin larut dalam plasma dan tidak diikat oleh sel darah merah sehingga darah gurita berwarna biru pucat. Gurita bernapas dengan menyedot air ke dalam rongga mantel melalui kedua buah insang dan disemburkan keluar melalui tabung siphon. Gurita memiliki insang dengan pembagian yang sangat halus, berasal dari pertumbuhan tubuh bagian luar atau bagian dalam yang mengalami vaskulerisasi.

Baca Juga :


Manfaat Gurita. Gurita sering ditangkap untuk digunakan sebagai bahan makanan, dipelihara di akuarium sebagai spesimen yang dipertontonkan, atau dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Bahan makanan. Berbagai spesies gurita merupakan makanan bagi penduduk sejumlah negara di dunia. Lengan dan berbagai bagian tubuh gurita bisa menjadi berbagai macam variasi makanan.

Baca Juga :


Gurita merupakan makanan laut bagi penduduk di negara-negara Mediterania, Meksiko, dan bahan utama berbagai makanan Jepang, seperti sushi, tempura, takoyaki dan akashiyaki. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi gurita bakar kecap manis pedas yang lezat lembut dan empuk tidak keras atau alot sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis rumah makan seafood maupun restoran ala cafe resto seafood cepat saji.

RESEP GURITA BAKAR KECAP MANIS PEDAS


BAHAN :
  • 1 kg gurita (boleh pakai baby gurita atau cumi cumi atau sotong silahkan)
  • 1 buah jeruk nipis (diambil airnya)
  • Tomat lalapan
  • Daun selada lalapan
  • Minyak goreng langka
BUMBU HALUS :
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt ketumbar bubuk
  • 1 butir kemiri
BUMBU KECAP :
  • 5 sdm kecap manis/pedas
  • 2 siung bawang merah diiris tipis
  • 3 buah cabe rawit merah diiris tipis

Baca Juga :


CARA MEMASAK GURITA BAKAR KECAP MANIS :
  1. Cuci dan bersihkan gurita, kemudian lumuri dengan jeruk nipis dan sedikit garam.
  2. Rebus gurita selama 30 menit dengan api sedang agar daging lebih empuk.
  3. Giling bumbu halus dan lumuri gurita dengan bumbu halus. Diamkan selama 15 menit dan sisakan bumbu halus untuk bahan olesan.
  4. Siapkan panggangan arang atau bisa pakai teflon dan bakar merata sambil sesekali dilumuri dengan sisa bumbu halus dan kecap manis/pedas sesuai selera.
  5. Angkat gurita dan lumuri lagi dengan sisa bumbu halus plus kecap manis/pedas.
  6. Tambahkan irisan bawang putih, irisan cabe rawit dan sedikit kecap manis/pedas.
  7. Tambahkan lalapan daun selada dan tomat agar lebih berwarna dan menggugah selera.
  8. Sajikan.

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT GURITA BAKAR KECAP MANIS PEDAS EMPUK"