CARA MEMBUAT PUDING BUNGA TELANG

Resep Puding Bunga Telang Biru Lapis Susu Putih Sederhana Spesial Asli Enak. Pudding bunga telang dessert yang cantik dengan kombinasi warna biru dari bunga telang dan warna putih dari susu dan agar-agar putih (plain) yang dicampur jelly dari Nutrijell, sehingga rasanya nan menyegarkan dan lezat. Puding ini bisa juga disebut puding lapis susu karena berlapis dua ataupun puding susu karena memakai bahan susu full cream atau puding ini juga bisa dibuat tanpa lapis susu tapi terlalu sederhana dan tampilannya kurang menarik. Makanan ini cocok disegala suasana dan karena pada saat ini momentum bulan puasa tentu juga cocok untuk menu buka puasa Ramadhan. Apalagi besok sudah memasuki puasa pertama.

Foto Resep Puding Bunga Telang Biru Lapis Susu Putih Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Puding Bunga Telang Biru Lapis Susu



Bunga telang adalah salah satu tanaman yang namanya saat ini cukup dikenal di Indonesia. Bunga dengan warna ungu ini tidak hanya cantik, namun juga mempunyai banyak manfaat yang pastinya baik untuk kesehatan. Selain itu, bunga telang pun dapat digunakan sebagai campuran berbagai makanan dan minuman segar.

Baca Juga :




Saat ini banyak sekali olahan makanan yang diolah dari bunga telang, seperti puding bunga telang yang segar dan lembut dan empuk ini, resep puding lumut bunga telang, sirup/syrup, minuman teh bunga telang kering kekinian. Penambahan bunga telang tak hanya membuat tampilan puding makin cantik dan menarik warna - warninya, akan tetapi juga menggugah selera. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi pudding bunga telang yang lezat sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis puding loyang maupun kemasan cup atau cetakan puding olahan bunga telang.

RESEP PUDING BUNGA TELANG


BAHAN LAPISAN BUNGA TELANG :
  • 800 ml air
  • 120 ml air
  • 2 sdm bunga telang kering
  • 1 bungkus agar agar bubuk Swallow plain
  • 1/2 bungkus Nutrijel plain
BAHAN LAPISAN SUSU :
  • 800 ml susu full cream
  • 1 bungkus agar bubuk Swallow plain
  • 1/2 bungkus Nutrijel plain
  • 110 gram gula
BAHAN TAMBAHAN :
  • 1 sdm biji selasih rendam dengan air hangat (opsional) bisa juga diganti, misalnya kelapa muda
CARA MEMBUAT PUDING BUNGA TELANG :
  1. Cara membuat untuk lapisan bunga telang, masak air dan bunga telang, tunggu hingga suhu ruang, kemudian saring.
  2. Campur agar-agar bubuk, gula dengan air bunga telang, aduk hingga rata, nyalakan api dan masak hingga mendidih.
  3. Tuang lapisan pertama ke dalam loyang ukuran 400 ml, tambahkan biji selasih
  4. Sisa agar-agar diamkan terlebih dahulu, jangan sampai mengeras, jika sudah dingin nyalakan api kecil untuk lapisan ketiga.
  5. Cara Membuat untuk lapisan susu, campur semua bahan masak hingga mendidih, untuk yang lapisan susu teksturnya lebih kental.
  6. Bagi dua, setelah itu tuang lapisan susu di atas lapisan selasih.
  7. Kemudian tambahkan lapisan bunga telang, lalu setelah set kembali tuang dengan lapisan susu atau lapisan keempat. (boleh diberi hiasan bunga telang segar untuk dihias).
  8. Masukkan puding ke kulkas.
  9. Sajikan dingin agar lebih segar.
TIPS & TRICKS :
  • Pada lapisan kedua pastikan lapisan pertama sudah set (setengah set juga bisa, tuang pelan-pelan).
  • Puding bunga telang dengan warna yang cantik siap menyemarakkan waktu bersantai bersama keluarga Cemara.

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT PUDING BUNGA TELANG"