CARA MEMBUAT ROTI KECIK GANEP KHAS SOLO

Resep Roti Kecik Ganep Khas Solo Sederhana Spesial Renyah Asli Enak. Roti kecik jadul klasik tempo dulu ini memang bukan biskuit asli dengan banyak mentega. Saat mencicipi roti kecik rasa ketan manis yang membaur di mulut akan memberikan aroma yang khas di lidah. Jajanan atau cemilan ini dicicipi dengan segelas teh hangat lebih nikmat rasanya. Selain itu kue jaman dulu ini juga cocok untuk menu lebaran sajian hari raya Idul Fitri Karena kue kering rendah kolestrol.

Foto Resep Roti Kecik Ganep Khas Solo Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Roti Kecik Ganep Solo



Roti kecik adalah sebuah kudapan atau cemilan tradisional khas Solo, Jawa Tengah. Roti kecik memiliki bentuk seperti kecik, biji sawo, bulat lonjong. Roti ini adalah roti dalam istilah Jawa, yakni menyebut semua makanan yang berbahan dasar tepung dan dioven disebut roti tapi terserah Anda kalau mau menyebut kue kering, biskuit, roti kering mini atau apalah. Bahan dasar roti ganep yaitu berbahan dasar baku tepung ketan dan memiliki aroma khas kayu manis. Roti kecik masuk ke dalam golongan biskuit, roti kering. Awalnya, roti kecik memiliki dua bentuk yaitu seperti biji sawo kecik dan panjang menyerupai jari yang disebut roti pentung. Sekarang, roti kecik menjadi tambah bulat karena telah diproduksi dengan mesin. Kemudian, ada tambahan bentuk lagi, yaitu menjadi seperti roda bergerigi atau bunga dengan lubang di tengah.

Baca Juga :


Sejarah asal usul mula. Pembuat pertama roti kecik Ganeps ialah seorang perempuan keturunan Tionghoa yang bernama Auw Liek Nio atau sering disebut dengan nama Nyah Ganep pada tahun 1881. Nama Nyah Ganep sendiri diberikan oleh Sinuhun Prabu Buwono X yang pada saat itu berpangkat pangeran. Nyah yang artinya Nyonya/Ibu, sedangkan Ganep merupakan nama yang anggun yang penuh dengan makna.

Menurut bahasa Jawa, ganep berarti lengkap atau utuh. Nama ganep's menjadi sebuah do’a turun temurun, mengantarkan keluarga ganep untuk selalu bekerja dengan tuntas dan sempurna. Ganep juga memiliki arti waras/sehat, merujuk pada kesehatan yang lebih luas selain kesehatan jasmani dan rohani tetapi juga memiliki makna kesehatan hati dan pikiran. Filosofi ini diadopsi penuh dengan semangat saat memproduksi roti kecik dan aneka cemilan/kudapan lainnya. Demi menghasilkan produk yang sehat dan bergizi pantang bagi ganep menggunakan bahan pengawet atau pun perasa buatan. Maka dari itu, toko roti kecik ini dinamakan Toko Ganep.

Ganep memiliki kedekatan dengan budaya Jawa yang sangat kental dirasakan lewat kegiatan-kegiatan yang dilakukan seperti, wayang, langgam-langgam Jawa dan tumpengan. Hari-hari monumental seperti peresmian toko dan ulang tahun toko selalu diwarnai dengan budaya Jawa. Serta kegiatan yang merakyat oleh generasi kelima Toko Ganep yaitu Ibu Oeke selalu mengangkat para pengrajin kue rumahan dengan cara memberi pelatihan-pelatihan kebersihan dan membuka lini khusus untuk mereka, serta menjadikan pekerja rumahan ini menjadi lebih handal dan berkelas.

Roti kecik merupakan roti dengan bahan non terigu yang artinya bahan non gluten sehingga baik bagi kesehatan karena gluten bisa mengurangi penyerapan gizi dari asupan makanan lain. Selain itu, roti kecik mengandung rendah kolestrol dan tampak menggunakan bahan kimia tambahan.

Dulu, roti kecik dihidangkan dengan menggunakan toples kaleng berbentuk persegi dengan tutup bulat di atasnya dan kaca bening dibagian depan. Sekarang, roti kecik dihidangkan dengan plastik kemasan polypropylene. Kemasan ini dicantumkan komposisi, produk tanggal kadaluarsa, izin Depkes RI dan identitas produsen. Roti kecik dikemas dalam berbagai ukuran, yaitu :
  • Kecik saku (panjang) 10 g f) kecik banjar 90 g
  • Kecik saku (panjang) 15 g g) Kecik panjang 250 g
  • Kecik panjang 45 gram
  • Kecik campur 400 gram
  • Kecik panjang 90 g i) Kecik panjang 500 g
  • Kecik bulat 90 g
Cara buat roti kecik ganep sebenarnya gampang banget. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi roti kecik ganep renyah yang manis dan lezat sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis toko roti kecik oleh oleh khas Solo, Jawa Tengah (JATENG).

RESEP ROTI KECIK GANEP VERSI ASLI

BAHAN :
  • Tepung beras ketan
  • Gula pasir
  • Telur
  • Mentega
  • Soda kue
CARA MEMBUAT ROTI KECIK GANEP VERSI ASLI :
  1. Pengocokan dengan mixer pengocok. Tahap pertama dari proses pembuatan roti kecik adalah pengocokan telur, gula, dan mentega. Proses pengocokan ini berlangsung selama 15-20 menit sampai adonan berwarna putih dan mengembang. Alat yang digunakan adalah mixer pengocok (planetary mixer). Untuk membuat satu resep adonan dibutuhkan 4,5 kg telur, 3 kg gula pasir, dan 3/4 kg mentega.
  2. Pengadukan dengan mixer pengaduk. Pada tahap ini dilakukan pencampuran adonan telur dan gula dengan tepung ketan. Untuk satu resep adonan dibutuhkan 5 kg tepung ketan coklat dan 5 kg tepung ketan putih. Kemudian ditambahkan 100 gram soda kue dan bahan-bahan lainnya, kemudian diaduk dengan mixer pengaduk sampai kalis dan tidak lengket.
  3. Pembulatan adonan (Raunding). Tujuan dari pembulatan adonan adalah untuk mempermudah pengangkutan adonan.
  4. Pemotongan adonan. Tujuan dari proses pemotongan adalah untuk mempermudah proses pemilinan atau penggilingan adonan.
  5. Pemilinan I. Pemilinan pertama didapatkan pilinan yang kasar. Pilinan pertama harus dipisahkan satu per satu sebelum dipilin kembali supaya tidak lengket. Proses pemilinan dilakukan dengan mesin pemilin yang memiliki 15 dan 16 lubang.
  6. Pemilinan II. Pemilinan kedua didapatkan pilinan yang halus. Setelah adonan dipilin halus, diletakkan dalam box plastik agar tidak kotor.
  7. Pembentukan roti kecik. Adonan yang sudah dipilin akan dipotong sesuai dengan bentuk dan ukuran roti kecik yang akan dibuat. Berdasarkan bentuknya roti kecik dibagi menjadi tiga macam, yaitu: roti kecik panjang, roti kecik bulat, dan roti kecik banjar.
  8. Penutupan dan pendinginan 30 menit. ;Tujuan tahap ini adalah supaya adonan tidak terlalu lengket, sehingga ketika dioven akan menghasilkan bentuk yang bagus.
  9. Penataan dalam loyang. Adonan yang sudah dibentuk kemudian ditata dalam loyang yang berukuran 75 x 55 x 2 cm. Jumlah loyang yang digunakan ada 65 loyang.
  10. Pengovenan pada suhu 200° C selama 15 menit. Proses pengovenan berlangsung selama 15 menit dengan menggunakan oven rak (Rotary Rack Oven) pada suhu 200° C.
  11. Pengemasan. Setelah roti kecik dingin, kemudian dikemas dalam kemasan polypropylene. Dalam kemasan dicantumkan komposisi produk, tanggal kadaluarsa, izin Depkes RI, identitas produsen.
Adapun resep versi lain silahkan dicoba resep roti kecik ganep di bawah ini karena sudah dicoba dan terbukti berhasil kalau belum berhasil, misalnya bagian dalam roti mentah atau bagian luar roti keras perhatikan cara mengoven roti kecik dengan benar, selain itu loyang yang digunakan atau dipakai dan juga bisa tambahkan mentega pada adonan selain rasanya lebih enak dan juga teksturnya lebih lembut karena di bawah ini resep roti kecik sederhana dibuat tanpa mentega. Sebelum masuk ke resep dan komposisi ini baca dulu dari atas secara lengkap dan pahami betul. Kalau masih belum berhasil mungkin Anda bisa mengunjungi Toko Ganep's tanyakan langsung ke ownernya. Oke selamat mencoba.

RESEP ROTI KECIK GANEP


BAHAN :
  • 3 butir putih telur
  • 1/2 sdt garam
  • 75 gram gula halus
  • 150 gram tepung ketan yang dicampur rata dengan 1/2 sendok teh baking powder, lalu diayak
CARA MEMBUAT ROTI KECIK GANEP :
  1. Kocok putih telur dengan garam dan gula halus sampai kaku.
  2. Masukkan tepung ketan. Aduk-aduk sampai bisa dipulungi.
  3. Pulungi bulat kelereng kecil.
  4. Letakkan di loyang yang sudah dioles mentega.
  5. Oven 170 derajat Celsius selama 20 menit sampai berwarna kecoklatan.

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT ROTI KECIK GANEP KHAS SOLO"