CARA MEMBUAT SAMBAL GANDARIA KHAS BETAWI

Resep Sambal Terasi Gandaria Khas Betawi Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Orang menyebut makanan ini dengan nama sambal gandaria atau sambal jatake khas Betawi dan khas Sunda. Bagi yang tidak suka terasi atau ada alergi bisa diskip mungkin Anda cocoknya dengan resep sambal gandaria pedas tanpa terasi.

Foto Resep Sambal Terasi Gandaria Khas Betawi Pedas Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sambal Gandaria Ala Jineng



Menurut situs Wikipedia. Gandaria (Bouea macrophylla Griff.) atau nama lokal lainnya jatake adalah tanaman yang berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis, dan banyak dibudidayakan di Sumatra dan Thailand.

Baca Juga :



Gandaria dimanfaatkan buah, daun, dan batangnya. Buah gandaria berwarna hijau saat masih muda, dan sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal gandaria di suku Betawi dan suku Sunda Jawa Barat. Buah gandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa kecut- asam manis dan dapat dimakan langsung. Daunnya digunakan sebagai lalap. Batang gandaria dapat digunakan sebagai papan. Gandaria adalah flora identitas Jawa Barat.

Buah gandaria menyerupai mangga bulat yang kecil. Pohonnya sedang, namun tinggi. Tingginya dapat mencapai 25 m. Tajuknya rapat. Dahannya berbentuk lebar memanjang, dengan ujung yang tumpul. Perbungaannya malai, bunganya menyerupai bunga mangga yang berwarna kuning, dan muncul di ketiak daun. Berbunga pada bulan September-Desember. Buahnya bulat, seperti kelereng. Tipenya seperti buah batu, mengeluarkan cairan kental dan bau khas seperti terpentin. Sewaktu masih muda, warnanya hijau, dan kalau sudah matang, berwarna kuning oranye. Bijinya berwarna ungu. Daunnya tunggal, berbentuk bundar telur-lonjong sampai bentuk lanset atau jorong. Waktu muda berwarna putih, kemudian berangsur ungu tua, lalu menjadi hijau tua.

Persebaran dan habitat. Buah ini berasal di daerah-daerah Asia Tenggara, sekarang menyebar ke pulau-pulau di sebelah timurnya dan juga sampai ke India. Di Indonesia, gandaria memiliki persebaran yang sempit. Yakni di Pulau Sumatra, sebagian Jawa, Maluku, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara, dan Papua. Ia tumbuh di hutan-hutan, atau ditanam di desa-desa sebagai tanaman buah. Ia tumbuh dengan baik dari ketinggian 5-800 mdpl. Pembudidayaan tumbuhan ini sudah dilakukan di Sumatra.

Sementara itu, ia tumbuh baik di Ambon dengan pemukiman baik dataran rendah ataupun dataran tinggi. Di hutan dataran rendah, dapat hidup di bawah 300 mdpl, tetapi dalam pembudidayaan telah berhasil ditanam pada ketinggian sekitar 850 m dpl.

Daunnya yang masih muda digunakan untuk sayuran, khususnya untuk lalap. Buahnya berair, rasanya manis-masam. Tumbuhan ini bisa langsung dimakan seusai dipetik dari pohonnya. Sedangkan sewaktu masih muda, buahnya bisa dibuat sambal, rujak, dimakan langsung atau untuk lalap. Kayu nya dapat digunakan untuk membuat sarung keris dan daunnya digunakan untuk obat.

Sambal gandaria berasal dari suku Betawi dan Sunda Jawa barat sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (JABODETABEK). Sambal gandaria termasuk sambal buah yaitu cabe dan bumbu ulek dicampur buah tanpa minyak dan tanpa dimasak, oleh karena itu dikenal dengan nama sambal gandaria mentah. Cara buatnya gampang banget. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sambel gandaria terasi bakar atau boleh tanpa terasi yang pedas, gurih, asam, manis segar sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung nasi tradisional, rumah makan bahkan restoran ala cafe resto cepat saji.

RESEP SAMBAL GANDARIA


BAHAN :
  • 13 buah cabai rawit merah (boleh pakai cabe domba atau cabe setan untuk selera super pedas)
  • 1 1/2 sdt terasi, bakar
  • 1 1/2 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir
  • 10 buah gandaria muda, belah dua buang bijinya
  • 5 sdm air matang
BAHAN PELENGKAP :
  • Ikan asin goreng (boleh diganti dengan ayam goreng, lele goreng, ikan goreng)
  • Lalapan segar atau matang/masak atau rebusan (misalnya timun, tomat, terong bulat, daun kemangi, daun singkong, dll)
CARA MEMBUAT SAMBAL GANDARIA :
  1. Ulek cabai rawit merah, terasi bakar, garam, dan gula pasir.
  2. Tambahkan potongan buah gandaria, ulek kasar.
  3. Masukkan air matang, aduk rata lalu hidangkan dengan pelengkapnya.
  4. Sajikan untuk 5 porsi dengan nasi panas dan pelengkapnya.

Posting Komentar untuk "CARA MEMBUAT SAMBAL GANDARIA KHAS BETAWI"