Gaji Kecil Jadi Alasan CPNS Mundur, Tjahjo Kumolo Beberkan Tunjangan PNS

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, menjadi PNS merupakan panggilan pengabdian. Konsekuensinya, kata dia, mendapat penghasilan yang dianggap relatif kecil jika dibanding swasta.

Namun, Tjahjo mengungkap, PNS mendapat sejumlah insentif. Ia pun mengatakan, secara keseluruhan PNS bisa mengimbangi bahkan bisa lebih besar dari pegawai swasta.

"Kecil sebagai insentif, namun menurut saya dengan adanya tunjangan kinerja atau TPP di era sekarang, ada gaji ke-13 gaji ke-14, jaminan pensiunan seumur hidup, ada Taspen, ada pendapatan-pendapatan lain dari tiap-tiap kementerian lembaga instansi dan daerah yang mendukung kinerja semua ASN, saya kira secara totalitas sudah mengimbangi swasta dan mungkin lebih besar walaupun belum merata di semua ASN di daerah tergantung PAD dan sebagainya," paparnya dalam sebuah video yang dikutip detikcom, Selasa (31/5/2022).

Pernyataan tersebut sebagai respons atas banyaknya CPNS/PPPK yang mengundurkan diri dalam seleksi CASN.

Tjahjo melanjutkan, seiring berjalannya waktu, jiwa pengabdian ASN semakin terasa menurun. Menurut Tjahjo, hal tersebut merupakan sebuah tantangan.

"Seiring dengan waktu dan jiwa pengabdian sebagai ASN, semakin terasa menurun. Ini tantangan yang harus kita tingkatkan, pengabdian yang harus lebih kita utamakan," katanya.

Tambahnya, konsep pembinaan pegawai untuk menjamin jenjang karir dan kesejahteraan telah menjadi perhatian pemerintah saat ini.

"Saya kira konsep pembinaan pegawai untuk menjamin jenjang karir, untuk meningkatkan kesejahteraan sudah menjadi perhatian pemerintah di era Bapak Jokowi dan Bapak Ma'ruf Amin, yang menempatkan reformasi birokrasi sebagai visi misi presiden dan wakil presiden dan visi misi seluruh pemerintahan ini," jelasnya.

Untuk diketahui, data Badan Kepegawaian Negara (BKN) menunjukkan dari 112.514 orang yang dinyatakan lulus seleksi CPNS 2021, sekitar 105 orang di antaranya memutuskan mengundurkan diri.

Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerja Sama BKN Satya Pratama mengungkapkan ada beberapa alasan peserta yang lolos CPNS 2021 malah mengundurkan diri. Menurutnya, alasan terbesar mereka kebanyakan dari sisi gaji dan juga lokasi penempatan.

"Memang sebenarnya macam-macam alasannya. Pertama itu mereka ternyata tidak tahu berapa jumlah gaji (mungkin gajinya tidak mencukupi). Kedua, ada yang menyampaikan alasannya kalau mereka tidak lagi termotivasi, macam itu. Kebanyakan memang tentang gaji, ada juga yang lokasi. Mungkin ada yang penempatan lokasinya jauh," kata Satya saat dihubungi detikcom (25/5). [detik.com]

Posting Komentar untuk "Gaji Kecil Jadi Alasan CPNS Mundur, Tjahjo Kumolo Beberkan Tunjangan PNS"